Definisi Inventory Management Dan Cara Mengelolanya

Saat ini banyak pebisnis yang biasanya hanya memperhatikan dan fokus terhadap pengelolaan keuangan saja. Secara realita, sebenarnya salah satu faktor keberhasilan dari sebuah bisnis ialah bagaimana melakukan inventory kontrol yang baik terhadap produk atau barang yang dijual. Jika kamu mempunyai usaha yang berjualan produknya cukup besar, artinya kamu sangat memerlukan sistem inventory.

System-Inventory-Management
System Inventory Management

Table Of Content
1. Pengertian Inventory Management
2. Manfaat Sistem Inventory
3. Cara Pengelolaan Sistem Inventory

Pengertian Inventory Management

Inventory adalah produk atau barang yang dikelola oleh perusahaan yang bertujuan untuk dijual. Sedangkan Inventory Management adalah sebuah proses penyimpanan, pencarian dan persediaan produk atau barang hingga aktivitas distribusi bisnis, semua tercatat dalam sebuah sistem inventory (baik barang masuk hingga barang keluar).

Penyetokkan produk atau barang sudah pasti mempunyai tujuan untuk menghindari terjadinya overselling, maka dari itu seorang pengusaha yang menjual produk atau barang, perlu memerlukan sebuah sistem inventory.

Baca juga: Cara Kontrol Stok Barang Agar Tidak Kekurangan Stok

Manfaat Sistem Inventory

Berikut adalah manfaat sistem inventory yang dapat kamu ketahui sebagai bahan pertimbangan solusi usaha kamu.

1. Untuk Menjaga Stok Ketersediaan Barang

Seperti yang kita tahu bahwa sistem inventory dapat membantu kita menjaga ketersediaan barang di gudang dan menghindari terjadinya overselling pada produk kamu. Maka dari itu sengat penting untuk kamu sebagai pelaku bisnis untuk memperhitungkan ketersediaan barang kamu dengan tepat dan cepat.

2. Sebagai Alat Kontrol Stok Barang & Pengambil Keputusan

Sistem inventory dapat menungkinkan adanya kemudahan dalam distribusi dan penyimpanan barang secara menyeluruh dan dapat memungkinkan kamu sebagai pelaku usaha untuk memantau dan mengontrol ketersediaan barang atau produk yang kamu jual.

Dengan adanya akses instan terhadap data produk yang meliputi ketersediaan barang, jumlah yang ada dan jumlah yang harus dipesan. Dengan begitu, kamu juga dapat mengambil keputusan yang cepat agar stok ketersediaan barang kamu terjaga.

3. Meningkatkan Reputasi

Jika kamu mempunyai ketersediaan barang atau produk yang lengkap maka customer atau calon customer kamu akan terkesan dengan setiap kelengkapan barang atau produk yang kamu jual.

Citra atau image brand kamu semakin meningkat jika kamu selalu mampu memenuhi setiap kebutuhan customer pada saat dibutuhkan maka brand kamu semakin baik di mata masyarakat dan semakin untung.

4. Meningkatkan Pelayanan

Customer tidak hanya meminta kecepatan dalam pengantaran, tetapi ketepatan dan kepercayaan ketersediaan terhadap produk tersebut. Adanya integrasi stok barang dengan penjualan melalui sistem inventory, tentunya akan memudahkan otomatisasi untuk memenuhi permintaan customer.
Perusahaan akan cepat merespon permintaan customer secara cepat karena otomatisasi dengan sistem inventory yang terhubung dengan gudang ataupun toko kamu.

Cara Pengelolaan Sistem Inventory

Sekarang sudah ada cara mudah dan cepat untuk menghitung persediaan stok kamu hanya dalam satu plaform.

Gunakan DealPOS, kamu sudah bisa mengetahui dan menjaga stok barang secara real time.

Dengan 4 Fitur yang pasti membuat kamu lebih fleksibel dalam mengatur Inventory Management System kamu.

Kartu Stok
Dapat mencatat riwayat pergerakan inventory, dengan fitur ini kamu dapat melihat aktifitas keluar masuk barang dari setiap product secara detail. Kamu juga dapat mengetahui jumlah inventory pada tanggal tertentu sehingga memudahkan proses stock opname.

Inventory-Log
Inventory Log

On Hand vs Allocated vs Available
Jumlah stock yang sudah terjual namun belum di kirim ke customer. Fitur Allocated inventory dapat membantu para pelaku usaha khususnya yang berjualan secara Omnichannel. Dengan adanya laporan Allocated inventory ini dapat menjadi solusi untuk meminimalisir terjadi nya Overselling.

OnHand-Available-Allocated
On Hand vs Available vs Allocated

Buffer & Threshold : Inventory Alert
Menentukan Buffer dan threshold pada setiap produk sehingga ketika stock product sudah ada di bawah buffer, sistem akan memberikan notifikasi dan saran sehingga anda dapat menentukan kapan harus melakukan Purchase Order dan mencegah kehabisan stock product.

Buffer & Threshold
Buffer & Threshold

In Time Invetory Back Date
Kamu juga bisa mengecek stok barang di hari–hari sebelumnya dengen spesifik per tanggal tertentu dengan fitur Inventory at date.

Dan DealPOS juga sudah terintegrasi dengan Shopee, Tokopedia, TikTok Shop dan Woocommerce. Dengan menggunakan DealPOS pastinya membuat kamu lebih fleksibel dalam memantau penyimpanan barang kamu.

Kelola inventory toko offline dan online secara realtime dalam satu platform. Inventory Kamu akan tersinkronasi otomatis ketika terjadi penjualan baik di toko maupun marketplace. Kamu dapat mencegah terjadi-nya overselling dan menghemat waktu karena tidak perlu lagi menyesuaikan inventory di masing-masing channel penjualan.

Keyword Search: Inventory Management, Pangertian Inventory Management, Aplikasi Inventory, Aplikasi Stok Barang, Aplikasi Kasir Online, Aplikasi Omnichannel, Omnichannel Marketplace.

This Post Has 5 Comments

Leave a Reply