Perpetual Inventory System: Pengertian & Fungsinya

Jika seseorang ingin membuka sebuah usaha perdagangan, tentunya di dalamnya akan terdapat sebuah aktivitas pembelian dan penjualan. Maka akan muncul juga sebuah sistem pencatatan untuk persediaan barang dan perpetual inventory system adalah salah satunya.

Setiap pelaku usaha wajib memiliki sebuah sistem pencatatan persediaan barang keluar masuk. Tentunya hal ini berkaitan dengan setiap usaha untuk mengoptimalkan keuntungan yang akan didapatkan pelaku usaha. Riwayat pergerakan barang juga dapat diketahui dengan cepat.

Pengertian Perpetual Inventory System

Perpetual inventory system adalah cara untuk mencatat sebuah persediaan barang terkait dengan kebutuhan akan informasi tentang stok barang. Maka hampir semua pelaku bisnis atau perusahaan pasti akan membutuhkan metode ini. Pelaku bisnis atau perusahaan bisa menggunakan aplikasi pencatatan stok barang untuk mengurus sistem inventory management dalam bisnisnya.

Sebuah bisnis yang bergerak dalam bidang penjualan dengan intensitas yang tinggi adalah pengguna yang cocok untuk metode ini (perpetual inventory system). Selain itu, para pengusaha ritel juga lebih disarankan untuk menggunakan metode semacam ini.

Baca juga: Definisi Inventory Management Dan Cara Mengelolanya

Walau demikian, tidak menutup kemungkinan, nantinya perusahaan kecil atau usaha yang sedang berkembang juga bisa menggunakan metode pencatatan ini. Hal ini karena ada banyak software yang menyediakan metode perpetual dengan biaya yang terjangkau.

Maka dari itu perlunya perusahaan atau bisnis ritel menggunakan sistem inventory.

Fungsi Perpetual Inventory System

Jika diatas sudah membahas tentang pengertian perpetual inventory system, maka sekarang waktunya untuk mengetahui fungsi dari perpetual inventory system.

1. Pemantauan Barang Secara Real Time

Suatu perubahan terhadap persediaan barang akan dilakukan secara langsung. Tentunya hal ini menyatakan bahwa semua data yang tersedia merupakan data real time. Dengan menggunakan sistem ini maka sudah jelas tidak lagi membutuhkan alokasi waktu dan tenaga kerja untuk memeriksa barang secara fisik.

2. Mengidentifikasi Kesalahan

Karena menggunakan aplikasi atau sistem yang terkomputerisasi, maka perpetual inventory system adalah sistem yang memudahkan pelaku bisnis atau perusahaan untuk mendeteksi kesalahan terkait barang atau inventaris. Bukan hanya sekedar mengidentifikasi jumlah barang yang tersedia tapi juga bisa melacak pengiriman yang hilang.

3. Akurat dan Detail

Perpetual inventory system merupakan sebuah metode yang menggunakan sistem komputerisasi untuk setiap perubahan barang yang terjadi di dalam ketersediaan barang. Dengan begitu, kesalahan penghitungan akibat human error bisa diperkecil sehingga data lebih detail dan akurat.

4. Riwayat Transaksi

Setiap barang yang dijual ataupun dibeli akan tercatat secara detail karena metode perpetual inventory ini dapat menyimpan semua riwayat transaksi individu.

Kesimpulan

Dalam hal ini kita tau bahwa pentingnya untuk mengatur sebuah inventory dalam sebuah bisnis atau perusahaan. Terlebih lagi sekarang sudah zaman era teknologi, tentunya kita perlu menggunakan sistem inventory management untuk mengatur persediaan barang kita agar meminimalisir human error.

Dengan menggunakan aplikasi atau sistem inventory management maka semua riwayat barang keluar masuk akan tercatat dalam sebuah sistem tersebut. Apalagi jika kamu selaku pengusaha dibidang ritel yang intensitas barang keluar masuknya cepat, sudah pasti harus menggunakan sistem inventory.

DealPOS adalah Software/Aplikasi kasir online yang dirancang khusus untuk toko Retail yang berkategori FashionMinimarketElectronic, Fresh Food dan Toko Bangunan.

Dengan DealPOS, kamu dapat mengelola inventory toko online dan offline secara realtime dalam satu platform. Kamu juga bisa berjualan secara omnichannel (offline dan online), karena DealPOS terintegrasi dengan Marketplace (Shopee, Tokopedia, Tiktok Shop) dan Webstore Instans (Woocommerce).

Leave a Reply