Overstock: Penyebab dan Cara Mengatasinya

Sebagai pebisnis, tentunya kamu pernah mengalami kelebihan atau kekurangan stok barang. Otomatis ini akan berpengaruh terhadap operasional bisnis kamu. Jika kamu tidak ingin kendala tersebut terjadi dalam bisnis kamu, kamu perlu baca sampai habis tentang overstock ini.

Pengertian Overstock

Overstock adalah persediaan produk atau barang yang terlalu banyak, biasanya disebabkan karena barang tidak laku terjual, jadi tertimbun terlalu banyak.

Sangat disayangkan jika barang tersebut tidak ada yang membeli meskipun tidak rusak ataupun cacat, sehingga hal ini pastinya dapat merepotkan kamu dan kejadian tersebut akan berdampak terhadap penjualan kamu.

Jika hal itu terjadi, mau tidak mau kamu harus menjual barang tersebut dengan harga yang lumayan rendah agar stok barang menjadi menipis.

Penyebab Terjadinya Overstock

Selain disebabkan oleh keadaan pasar terhadap suatu produk atau barang, ternyata masih ada banyak sebab terjadinya Overstock Inventory pada suatu bisnis atau toko yang perlu kamu ketauhi agar nanti kedepannya tidak terulang atau dapat kamu atasi dengan mudah. Berikut kami rangkum penyebab terjadinya overstock.

1. Takut Kehabisan Stok

Terkadang pebisnis seringkali takut ketika kehabisan stok barang dan tidak bisa melayani pelanggan. Memang pada dasarnya ketika toko mengalami overselling atau ketersediaan stok barang yang terbatas akan berdampak buruk terhadap penjualannya dan berakibat kehilangan pelanggan.

Namun hal inilah yang membuat seorang pelaku usaha terlalu khawatir kehabisan stok dan akhirnya cenderung overstocking. Sebagai pebisnis kamu perlu tau kapan harus stok barang kembali (reorder point).

Baca juga: Reorder Point: Definisi dan Cara Menghitungnya

2. Tidak Memperkirakan Permintaan Pelanggan

Inilah penyebab umum dari Overstock Inventory yaitu pebisnis cenderung salah memprediksi permintaan pelanggan. Tentunya hal ini berkaitan dengan perilaku seorang konsumen yang seiring berjalannya waktu selalu berubah.

Sebagai contoh, di satu waktu yang sedang tren adalah kaos anime sehingga para pebisnis akan menjual kaos anime dan menimbun barang tersebut. Padahal kita tidak pernah tau kapan tren kaos anime itu akan berakhir.

Salah satu mencegah terjadinya overstock adalah tidak menimbun produk yang serupa dalam jumlah banyak agar meminimalisir kelebihan stok untuk kedepannya.

3. Pengelolaan Manajemen Inventory Yang Kurang Baik

Buruknya mengelola Manajemen Inventory akan berdampak pada stok barang kamu. Bisa saja terjadi dimana kamu sebenarnya masih memiliki stok barang yang tersedia di gudang tetapi kamu malah memesan barang yang serupa sehingga membuat stok barang kamu menjadi berlebihan.

Maka dari itu pentingnya selalu mengontrol persediaan stok barang di gudang sekaligus memantau pergerakan keluar masih nya barang.

Cara Mengatasi Overstock

Dari penjelasan diatas, pastinya sudah pada tau pengertian dan penyebab dari overstock pada bisnis.

Nah, sekarang kita akan membahas bagaimana cara mengatasi overstock jika terjadi pada bisnis kamu?

Berikut ini kami berikan tips untuk mengatasi overstock di toko kamu agar kamu tidak perlu khawatir lagi jika ada kendala. Yuk simak penjelasannya dibawah.

1. Berikan Diskon

Jika kita memberikan diskon atau potongan harga, sudah pasti akan membuat keuntungan yang kita dapatkan menjadi lebih kecil. Tapi disisi lain, dengan memberikan diskon akan membuat stok barang kamu digudang menjadi berkurang dan secara otomatis overstock sudah tidak ada lagi di gudang kamu.

2. Produk Bundling

Jika kita membuat produk bundling, kita bisa membuat produk yang kurang diminati dapat dibeli oleh pelanggan juga.

Lalu caranya gimana? Caranya adalah produk yang overstock dibuat produk bundling dengan produk yang best seller. Pelanggan cenderung akan memilih produk bundling best seller karena mereka bisa mendapatkan dua barang sekaligus. Apalagi jika harganya di berikan diskon.

3. Giveaway

Cara terakhir yang bisa dilakukan untuk mengurangi overstock adalah dengan mengadakan giveaway (membagikan produk atau barang kamu secara gratis).

Kamu bisa membuat campaign giveaway dengan menggunakan media sosial kamu dengan syarat mem-follow akun media sosial kamu, setidaknya mendapatkan followers baru walaupun membagikan barang secara gratis.

DealPOS

DealPOS adalah Software/Aplikasi kasir yang dirancang khusus untuk toko Retail yang berkategori FashionMinimarketElectronic, Fresh Food dan Toko Bangunan.

Dengan DealPOS, kamu dapat mengelola inventory toko online dan offline secara realtime dalam satu platform. Kamu juga bisa berjualan secara omnichannel (offline dan online), karena DealPOS terintegrasi dengan Marketplace (Shopee, Tokopedia, Tiktok Shop) dan Webstore Instant (Woocommerce).

dealpos-blog-trial-indonesia

Leave a Reply