Cara Mudah Membuat Barcode Untuk Toko Retail

Istilah barcode sering kali kita dengar di telinga kita. Apalagi didalam Toko Retail. Kali ini kita akan membahas tentang cara membuat Barcode untuk Toko Retail dengan menggunakan PC/Laptop ataupun Smartphone. Barcode bisa kita pahami sebagai pola geometris yang berbentuk vertical dan pada umumnya terpasang pada kemasan produk. Dulu, Barcode hanya bisa dibuat dengan alat yang khusus, namun seiring berjalannya teknologi dan zaman era globalisasi, kini Masyarakat dengan mudah membuat Barcode hanya menggunakan Laptop ataupun Handphone.

  1. Pengertian dari Barcode
  2. Cara Membuat Barcode Melalui Laptop/PC
  3. Cara Membuat Barcode Melalui Smartphone

Pengertian dari Barcode

Sebelum masuk kedalam pembahasan, mari kita pahami dulu apa pengertian dari barcode. Barcode dikenal sebagai kode batang, kode palang sampai dengan kode bar. Pola Barcode merupakan sebuah data optic yang berbentuk garis horizontal.

Fungsi dari Barcode  adalah untuk memindai dan melacak sebuah produk atau barang, bisa juga untuk keperluan penjualan seperti mentapkan sebuah harga setiap produk pada barcode tersebut, sehingga lebih mudah mengindentifikasi nya. Biasanya Toko Retail besar maupun kecil lebih sering menggunakan barcode ini sebagai penetapan sebuah harga pada setiap produk, namun terkadang digunakan juga untuk melacak sebuah inventory di setiap produknya.

Cara Membuat Barcode Melalui Laptop/PC

Sebelum itu, kamu persiapkan terlebih dahulu printer dan kertas yang digunakan. Biasanya untuk Barcode Penjualan seperti di Hang Tag Fashion ataupun minimarket menggunakan kertas ukuran 3,3 Cm x 1,5 Cm atau 33 mm x 15 mm. Setelah itu kamu persiapkan printer label nya, seperti Printer Zebra GT 280 ataupun menggunakan printer ink jet (biasa) tapi menggunakan kertas label biasa. Lalu kita masuk ke tahap nya:

  1. Masuk ke Website Barcode Generator
  2. Lalu pilih category EARN/UPC dan Type UPC-A. UPC adalah Type untuk Barcode Penjualan. Jika kamu ingin lebih tau Jenis dan Standarisasi Barcode, Kunjungi artikel Kami: Barcode Scanner: Jenis dan Ukuran Untuk Toko Retail
  1. Lalu kamu isi di bagian “Data” seperti yang kamu inginkan dan pilih gambar Barcode sesuai dengan yang kamu butuhkan, setelah itu pilih Generate Barcode dan Download.

Cara Membuat Barcode Melalui Smartphone

Jika kamu tidak ingin ribet, kamu bisa juga menggunakan aplikasi dari smartphone kamu untuk membuat barcode yang bisa diunduh dari OS Android. Salah satu aplikasi pembuat barcode di Android adalah Barcode Generator. Aplikasi yang dikembangkan oleh Aeiou ini cukup pintar untuk membuat barcode. Kamu bisa mendapatkan Aplikasi ini di Google Play Store.

Di dalam Aplikasi Barcode Generator terdapat 11 jenis kode barcode yang bisa kamu pilih sesuai dengan kebutuhan kamu. Mulai dari QR Code sampai dengan barcode yang umumnya tertera pada kemasan produk yang dijual di Minimarket.

Itulah tutorial Print Barcode melalui Laptop dan Smartphone kamu. Jika kamu ingin yang lebih simple dan mudah, kamu cukup gunakan DealPOS. Karena DealPOS mempermudah kamu jika ingin membuat Barcode untuk produk kamu. Kamu tinggal ke barcode.dealpos.app jika kamu sudah berlangganan DealPOS atau kamu bisa juga Cobain trial gratis nya.

  1. Kunjungi website barcode.dealpos.app, lalu kamu isi link dealpos kamu beserta username dan password nya.
  1. Setelah itu kamu pilih tanda “+” untuk produk yang ingin kamu berikan barcode, lalu isi nama produk dan quantity barcode nya. Atau ikuti Langkah pada gambar dibawah ini
  1. Kamu bisa menambah produk lain yang ingin kamu berikan barcode sesuai dengan kebutuhan kamu
  1. Setelah itu kamu klik Print dan selesai deh.

Yuk, Cobain DealPOS sekarang dan gunakan fitur DealPOS yang dapat membantu dan mempermudah usaha kamu. DealPOS juga sudah terintegrasi dengan Marketplace (Shopee dan Tokopedia), tentunya sangat membantu kamu yang berjualan secara online juga. Yuk, Daftar Sekarang.

This Post Has One Comment

Leave a Reply