Live Shopping: Tren Jualan Terlaris Di E-Commerce

Seperti yang kita tahu bahwa tingginya penggunaan internet saat ini membuat bisnis online semakin bertambah banyak. Salah satunya tren berjualan yang dilakukan secara Live. Tren belanja online dengan Live Streaming langsung menciptakan pengalaman berbelanja secara interaktif.

Meskipun secara Live Streaming, penjual dan pembeli dapat berkomunikasi secara langsung seperti transaksi offline pada umumnya. Untuk kamu yang penasaran dengan tren Live Shopping dan apa aja sih keuntungan dalam berjualan secara Live Streaming. Yuk simak sampai habis artikel ini.

Baca juga: Peluang Bisnis Di Era Milenial dan Gen Z

Apa itu Live Shopping?

Apa itu Live Shopping? Live Shopping adalah aktivitas dimana seorang penjual melakukan siaran belanja secara langsung (Live Streaming). Konsumen dan penonton siaran Live Shopping dapat berkomunikasi tentang produk yang dijual, mulai dari harga sampai dengan bahan yang digunakan.

Dalam Live Shopping terdapat kegiatan marketing yang secara langsung yaitu interaksi, promosi dan transaksi. Penjual menjelaskan secara langsung mengenai produk yang mereka tawarkan, penjual memberikan diskon dan pembeli melakukan pembelian sehingga terjadi transaksi antara penjual dan pembeli.

Penjual mendapatkan keuntungan dari Live Shopping yaitu mengukur antusiasme masyarakat pada produk yang dijualnya. Cara berbelanja seperti ini (Live Shopping) menciptakan interaksi yang lebih personal antara penjual dengan pembeli. Selain itu, pelanggan bisa melihat secara langsung barang yang dijual. Jika melalui online shop, pembeli hanya menerka-nerka apakah barang sesuai dengan tipenya. Namun Live Shopping mampu memudahkan pembeli untuk melihat produk yang dijual secara detail.

Keuntungan Live Shopping

Sebagai tren berjualan online saat ini yang sedang booming, menurut penelitian Forbes: Live Shopping adalah tren belanja masa depan secara online.  

Kamu bisa berjualan secara Live di E-Commerce (Shopee, Lazada, Tokopedia dll) dan Sosial Media (TikTok, Instagram, Facebook dll).  Dengan Live Shopping banyak keuntungan yang bisa kamu dapatkan. Berikut keuntungan dari Live Shopping:

1. Interaksi Langsung

Pembeli dapat mengajukan pertanyaan-pertanyaan secara langsung kepada penjual dan produk yang ditampilkan dalam keadaan real dan otentik. Karena 90% konsumen mementingkan keaslian produk yang dijual dan bisa dilihat secara langsung.

Berbeda dengan belanja online pada umumnya yang disajikan hanya dengan gambar dan deskripsinya saja.

2. Mengetahui Perilaku Konsumen

Live Streaming Shopping akan membantu kamu untuk mengetahui apa yang diinginkan atau dibutuhkan oleh konsumen kamu. Karena pada umumnya audience akan memberikan komentar atau pertanyaan terkait produk kamu. Dengan kata lain, kamu perlu mengenal perilaku konsumen.

3. New Trend

dealpos-new-trend

Tren terbaru saat ini menggabungkan media sosial, E-Commerce dan streaming menjadi satu untuk meningkatkan penjualan. Dengan adanya Live Shopping, penjual dapat menghibur audience dan menikmati pengalaman belanja secara interaktif.

Kesimpulan

Berbagai keuntungan diatas tentunya dapat kamu raih apabila Live Shopping berjalan maksimal. Untuk memaksimalkan penjualan kamu lewat Live Streaming, kamu bisa berkolaborasi dengan para influencer yang sedang popular.

Dengan memanfaatkan peran influencer akan semakin meningkatkan engagement dan brand awareness. Pembeli akan lebih percaya dan tertarik membeli jika produk tersebut digunakan oleh influencer.

Namun jika usaha kamu masih kecil dan budget mu terbatas, kamu bisa memulai Live Shopping secara sederhana dengan cara promosi, mengajak audience berinteraksi agar tidak bosan dan dilakukan secara rutin atau konsisten.

DealPOS adalah Software/Aplikasi kasir online yang dirancang khusus untuk toko Retail yang berkategori Fashion, Minimarket, Electronic, Fresh Food dan Toko Bangunan.

Dengan DealPOS, kamu dapat mengelola inventory toko online dan offline secara realtime dalam satu platform. Kamu juga bisa berjualan secara omnichannel (offline dan online), karena DealPOS terintegrasi dengan Marketplace (Shopee, Tokopedia, Tiktok Shop) dan Webstore Instans (Woocommerce).

This Post Has 2 Comments

Leave a Reply