5 Kesalahan Bisnis Retail Yang Harus Dihindari

5-Kesalahan-Bisnis-Retail-Yang-Harus Dihindari
5 Kesalahan Bisnis Retail Yang Harus Dihindari

Memiliki Bisnis Retail yang sukses dengan jumlah omset yang terus meningkat merupakan impian para pengusaha retail. Namun, tingkat persaingan dalam bisnis retail begitu tinggi yang mengaruskan para pengusaha memutar otak agar tetap unggul dalam industri ini.

Jika bisnis kamu ingin menjadi yang terdepan. Kamu perlu mengetahui strategi-strategi dalam mengelola bisnis agar lebih baik lagi dan menghidari beberapa kesalahan fatal yang perlu kamu ketahui. Berikut ini adalah kesalahan yang wajib dihindari oleh bisnis retail.

Artikel terkait: Mengenal Bisnis Retail: Arti dan Klasifikasinya

Tidak Tahu Target Pasar

Tidak-tahu-Target-Pasar
Tidak Tahu Target Pasar

Apa yang bisa kamu harapkan dari bisnis retail kamu jika kamu tidak mengenal target pasar kamu dengan baik. Banyak pengusaha retail yang tidak ingin berusaha mengetahui keinginan pasar yang ingin ia tuju sehingga menjual produk yang tidak butuhkan atau salah untuk konsumen nya.

Kamu harus mengetahui target pasar kamu agar produk kamu tetap survive dan dibutuhkan oleh konsumen seperti kamu harus mengetahui demografis, karakter psikografis, umur. Jangan asal-asalan dalam membidik calon konsumen, justru kamu harus fokus pada target pasar sehingga bisa menjual produk yang berkualitas dan dibutuhkan oleh calon konsumen kamu.

Manajemen Konsumen Kurang Baik

Manajemen-Konsumen-Kurang-Baik
Manajemen Konsumen Kurang Baik

Sebagai pengusaha retail tentunya kamu harus menjaga image atau citra produk kamu dengan baik, jangan mengecewakan customer kamu yang berakibat pada citra bisnis kamu. Sebagai owner bisnis retail, kamu wajib mendidik seluruh karyawan kamu untuk menjadi representatif yang baik terhadap bisnis kamu, terutama karyawan yang berhubungan langsung dengan customer kamu. Tentunya kamu tidak ingin kehilangan pelanggan kan? Atau bahkan sampai merusak citra produk kamu.

Tidak Melakukan Stock Opname

Tidak-Melakukan-Stock-Opname
Tidak Melakukan Stock Opname

Stock Opname adalah kegiatan perhitungan persediaan stok barang di gudang sebelum melakukan penjualan. Kegiatan ini bertujuan untuk mengetahui secara pasti dan benar tentang persediaan barang secara realtime berdasarkan pembukuan dan barang yang ada di gudang.

Jika kamu tidak melakukan stock opname maka Akan sulit memastikan kuantitas dan kualitas barang yang dimiliki kalau tidak dihitung secara rutin. pasti kamu gamau kan harus menolak orderan karena stock kurang?

Artikel terkait: Cara Mudah Stock Opname Dengan Cepat & Efisien

Tidak Ada Data Penjualan

Tidak-Ada-Data-Penjualan
Tidak Ada Data Penjualan

Jika kamu tidak mempunyai data penjualan maka kamu tidak akan mengetahui transaksi harian kamu bahkan bisa jadi tidak mengetahui produk kamu yang paling laris serta saat event apa saja yang dapat membuat penjualan kamu ramai pengunjung.  Semua data tersebut dapat membantu kamu menemukan strategi untuk meningkatkan penjualan kamu.

Tidak Memanfaatkan Online Store

Online-Store
Online Store

Jika kamu tidak memanfaatkan online store maka kamu tidak menjangkau lebih luas calon customer kamu karena belanja online meningkat semenjak dimasa pandemi sampai saat ini. Kesempatan ini bisa kamu manfaatkan untuk memperluas jangkauan dan mendapatkan banyak pelanggan.

Sama seperti bisnis lainnya, bisnis retail juga memiliki risiko. Tapi jika kamu bisa tahu lebih awal kesalahan-kesalahan apa saja yang terjadi ketika menjalankan bisnis, kamu jadi bisa lebih cepat menanganinya.

Gunakan DealPOS

Dengan DealPOS, kamu dapat mengelola Inventory dengan mudah dan sudah terintegrasi dengan Marketplace.
Tentunya dapat membantu Bisnis Retail kamu.

Yuk cobain pake DealPOS. Daftar Disini

Keyword search : Aplikasi toko baju, Software minimarket, Aplikasi toko buah dan daging, Aplikasi toko bangunan, aplikasi toko elektronik, retail, bisnis retail

This Post Has One Comment

Leave a Reply