Peluang Bisnis Di Era Milenial dan Gen Z

Hasil Sensus Penduduk yang lakukan oleh Badan Pusat Statistik (BPS) pada tahun 2020 menegaskan bahwa lebih banyak penduduk di Indonesia adalah Generasi Milenial dan Generasi Z. 53,8% Penduduk Indonesia didominasi oleh Gen Z dan Milenial. 74,9 juta jiwa adalah Gen Z dan 69,4 juta jiwa adalah Gen Milenial. Tentunya ini adalah peluang bisnis yang sangat luar biasa jika target market kamu adalah Milenial dan Gen Z.

DealPOS-GenZ-Milenial
Source: Badan Pusat Statistik

Bagi pelaku usaha yang target marketnya adalah Generasi Milenial dan Gen Z, ini adalah waktu yang tepat untuk memperkenalkan produk kamu ke mereka. Dan gunakan media sosial sebagai marketing produk kamu.

Baca juga: Pentingnya Foto Produk Untuk Bisnis Fashion

Bagaimana memaksimalkan peluang bisnis di Era Milenial dan Gen Z? Yuk baca sampai habis artikel ini biar kamu mempunyai referensi.

1. Memanfaatkan Media Sosial

Data dari Hootsuite: We Are Social memperlihatkan bahwa mayoritas pengguna sosial media di umur 18 tahun sampai 40 tahun, yang dimana umur tersebut adalah Generasi Milenial dan Gen Z. Tentunya ini adalah potensi besar untuk bisnis kamu yang memaksimalkan penjualan menggunakan media sosial dengan target market Generasi Milenial dan Gen Z.

dealpos-we-are-social

Kedua generasi tersebut sama-sama menggunakan dan menyukai media sosial, namun kita tidak pernah tau apakah mereka menggunakan media sosial yang sama. Dibawah ini adalah media sosial yang biasa digunakan oleh kedua generasi tersebut.

Maka dari itu gunakanlah media sosial sebagai media marketing kamu, jika target market kamu adalah para generasi milenial dan gen z.

2. Pembayaran Digital

Era ekonomi digital mengharuskan produsen dan konsumen berubah perilakunya. Inilah yang disebut inovasi dan diyakini yang tidak bisa melakukan inovasi akan mati sehingga inovasi menjadi pilihan riil untuk bersaing dan berdaya saing tinggi.

Oleh karena itu kehadiran generasi milenial dan generasi Z secara tidak langsung justru memacu tuntutan modernitas layanan berbasis digitalisasi.

Dompet digital juga telah mampu menembus sejumlah transaksi jual maupun beli. Sistem ini juga diterima oleh masyarakat. Uang secara fisik di era mendatang mungkin akan ditinggalkan dan transaksi dengan gesek atau klik akan menjadi e-lifestyle.

DealPOS-QRIS

Proses panjang dari peran uang akhirnya juga bergeser ketika transaksi tidak lagi offline namun juga online secara virtual. Fenomena ini juga didukung oleh perkembangan internet sehingga kita hidup di era global information society. Dan perilaku transaksi telah didukung dengan fenomena cashless society karena semua transaksi dilakukan dengan sekali klik. Generasi Milenial dan Gen Z lebih sering menyimpan uangnya didalam smartphone nya karena lebih mudah ketika melakukan pembayaran secara QR Code ataupun transfer ketimbang menggunakan uang tunai.

3. Membuat Video Marketing

Menurut Parallelinteractive Gen Z rata-rata menonton 68 video sehari. Pastikan video kamu adalah salah satunya. Membuat video untuk menampilkan konten produk kamu akan memungkinkan kamu menjangkau ribuan konsumen muda yang terus-menerus menjelajah dan mencari video yang menghibur dan relevan. Tidak hanya bagus untuk channel YouTube kamu, video juga dapat digunakan kembali untuk situs web, media sosial, dan kampanye pemasaran email. Dengan strategi pemasaran video yang solid, kamu dapat meningkatkan engagement, mengembangkan loyalitas merek, dan mengembangkan bisnis kamu.

4. Produk Yang Mobile Friendly

Milenial dan Gen Z lebih dekat dengan smartphone, maka strategi marketing yang tepat untuk mereka adalah menjadikan semua upaya promosimu mobile friendly. Jika kamu mempunyai website untuk memasarkan produk kamu, pastikan mobile– nya juga bekerja dengan baik. Akan lebih baik kalau website kamu juga mengoptimalkan SEO (Search Engine Optimization), jadi google juga bisa membantu mempromosikannya secara gratis. Selain konten yang menarik, pastikan kecepatan website kamu juga maksimal.

Kesimpulan

Itulah tips dari kami untuk memaksimalkan peluang bisnis di Era Milenial dan Gen Z. Perlu dikertahui bahwa agar produk kamu bisa memenangkan hati mereka, kamu perlu tau karakteristik yang mereka miliki. Itulah sebagabnya, beda generasi beda pula strateginya.

DealPOS adalah Software/Aplikasi kasir online yang dirancang khusus untuk toko Retail yang berkategori Fashion, Minimarket, Electronic, Fresh Food dan Toko Bangunan.

dealpos-blog-trial-indonesia

Leave a Reply