Cara Kontrol Stok Barang Agar Tidak Kekurangan Stok

Kontrol-Stok-barang
Kontrol Stok barang

Kontrol stok barang, atau juga biasa disebut Inventory Control biasa digunakan untuk menunjukkan berapa banyak stok yang Anda miliki pada satu waktu, dan bagaimana Anda melacaknya.

ini berlaku untuk setiap item yang Anda gunakan untuk menghasilkan produk, mulai dari bahan baku hingga barang jadi. Ini mencakup stok di setiap tahap proses produksi, mulai dari pembelian dan pengiriman hingga menggunakan dan memesan ulang stok.

Monitoring stok yang efisien memungkinkan Anda untuk memiliki jumlah stok yang tepat di tempat dan waktu yang tepat.

Table of Content

1.Metode kontrol Stok barang
2.Penyebab Terjadinya Kekurangan Persediaan barang
3.Tips Mudah Kontrol Stok Barang Lebih Optimal
4.Bagaimana DealPOS bisa membantu untuk kontrol stok barang

1. Metode Kontrol Stok Barang

Ada beberapa metode untuk Memonitoring stok, semuanya dirancang untuk menyediakan sistem yang efisien untuk memutuskan apa, kapan dan berapa banyak yang harus dipesan.

Minimum Stock Level

Melakukan pengecekan terhadap stok minimum, lalu melakukan Re-order ketika stok mencapai tingkat minimum.

Stock Description

Tambahakan deskripsi produk. pada deskripsi tersebut lampirkan stock yang harus ada pada produk tersebut

Just In Time

Bertujuan untuk mengurangi biaya dengan memotong stok seminimal mungkin. Barang dikirim saat dibutuhkan dan segera digunakan.

Batch Control

Mengelola produksi produk dalam batch. Anda perlu memastikan bahwa Anda memiliki jumlah komponen yang tepat untuk menutupi kebutuhan Anda sampai batch berikutnya.

First In Firs Out

Stok diidentifikasi berdasarkan tanggal yang diterima dan bergerak melalui setiap tahap produksi dalam urutan.

2. Penyebab Terjadinya Kekurangan Stok

Data Stok Tidak Akurat

Data yang tidak cocok antara pencatatan dengan fisik bisa saja diakibatkan penempatan barang yang salah atau adanya barang yang dikembalikan.

Jadi, kamu harus mencatat stok dengan teliti supaya bisa melakukan pengecekan barang secara berulang.

Kurangnya Mengecek Barang Fisik

Penyebab pertama dan kedua saling berkaitan, faktor dari data yang tidak akurat bisa dikarenakan kurangnya melakukan pengecekan kondisi barang secara fisik di Gudang.

Ada baiknya kamu periksa stok setiap 1 sampai 2 bulan sekali untuk meminimalisir kekurangan stok , tergantung dari besar kecilnya perusaan

Atau kalau kamu tidak mempunyai banyak waktu, kamu bisa menggunakan sistem inventory management supaya bisa lebih mudah memonitor persediaan.

Tidak Menambah Stok Tepat Waktu

Telatnya membeli stok barang juga menjadi penyebab terjadinya kekurangan stok barang. Apalagi jika kamu punya barang terlaris yang dijual di toko offline dan online.

kamu bisa menentukan waktu yang tepat untuk menambah persediaan barang, Contohnya ketahui batas stok yang menipis , buat daftar barang yang mulai habis dan terakhir bisa membuat proyeksi perkiraan barang habis.

3. Tips Mudah Monitoring Stok Barang Lebih Optimal

Lakukan Pencatatan Persediaan Secara Berkala

Hal paling penting supaya tidak terjadi stok yang berkurang atau habis secara tiba-tiba, kamu bisa melakukan pencatatan inventory secara berkala.

Kamu dapat mengantisipasi dengan mencatatnya secara rutin dan lakukan stock opname setiap satu atau dua bulan sekali.

Tidak hanya mengetahui jumlah persediaan aja melainkan juga bisa mengetahui kondisi dari barang apakah masih layak dijual atau tidak.

4. Bagaimana DealPOS membantu kamu mengontrol stok barang

Notifikasi Perkiraan Kapan Barang Habis “Buffer & Threshold”

Allocated-inventory
Allocated inventory

Menentukan Buffer dan threshold pada setiap produk sehingga ketika stock product sudah ada di bawah buffer, system akan memberikan notifikasi dan saran sehingga anda dapat menentukan kapan harus melakukan Purchase Order dan mencegah kehabisan stock product.

Allocated Inventory

Inventory-terminology
Inventory Terminology

Allocated Inventory adalah Jumlah stock yang sudah terjual namun belum di kirim ke customer. fitur Allocated inventory dapat membantu para pelaku usaha khususnya yang berjualan secara Omnichannel. Dengan adanya laporan Allocated inventory ini dapat menjadi solusi untuk meminimalisir terjadi nya Overselling.

Baca juga : Perbedaan Inventory Management & Inventory Control

Intime Inventory Backdate

Kamu juga bisa mengecek Stok barang di hari – hari sebelumnya dengen spesifik per tanggal tertentu dengan fitur Inventory at date

DealPOS adalah Software/Aplikasi kasir online yang dirancang khusus untuk toko Retail yang berkategori Fashion, Minimarket, Electronic, Fresh Food dan Toko Bangunan.

Yuk, gunakan DealPOS sekarang.

Keyword Search : Aplikasi toko baju, Software minimarket, Aplikasi toko buah dan daging, Aplikasi toko bangunan, aplikasi toko elektronik, stok barang, inventory

This Post Has 4 Comments

Leave a Reply