Tips Memilih Supplier Untuk Bisnis Ritel

dealpos-supplier

Bagi kamu yang pernah atau sedang melakukan usaha atau bisnis, tentunya ada banyak faktor yang menyebabkan perubahan terhadap industri bisnis, salah satunya bisnis ritel. Dalam hal ini salah satu aspek yang rentan dengan perubahan adalah supplier. Supplier memiliki peran yang cukup penting dalam suatu bisnis yang kita miliki. Inilah mengapa, pentingnya memilih supplier yang tepat adalah hal yang sangat penting dalam suatu bisnis. Bukan hanya tentang memperhatikan kualitas produk, tetapi ada banyak hal lain yang bisa dijadikan pertimbangan dalam memilih supplier yang sesuai dengan preferensi kamu.

Pengertian Supplier

Supplier merupakan pihak perorangan atau perusahaan yang akan memasok atau menjual bahan mentah ke pihak lain, baik itu ke perorangan atau perusahaan agar bisa dijadikan produk barang atau jasa yang matang kemudian dijual.

Baca juga: Rincian Modal Bisnis Minimarket Sampai Buka Toko

Tips Memilih Supplier Untuk Bisnis Ritel

1. Kualitas dan Harga Terbaik

Kualitas dan harga memang faktor yang sangat penting dan perlu dipertimbangkan dalam memilih supplier. Tetapi, perlu diingat bahwa untuk mendapatkan harga yang murah tidak akan menjamin kualitas tersebut baik. Maka dari itu, ubahlah pola pikir untuk mencari supplier yang murah dan selalu prioritaskan kualitas. Jangan lupa biasakan untuk mengecek spesifikasi produk sebelum kamu memutuskan untuk menggunakan supplier.

2. Lokasi

Selain kamu mempertimbangkan kualitas dan harga, kamu juga perlu memikirkan pengiriman produk dari supplier ke gudang atau toko kamu. Maka dari itu, jarak juga menjadi salah satu hal yang penting untuk dipertimbangkan. Selain berhubungan dengan pergerakan inventory dan stok produk, jarak juga berhubungan dengan perhitungan biaya ongkos kirim yang perlu kamu perhitungkan.

3. Pelajari Proses Retur Supplier Pilihan Kamu

Dalam proses pengiriman barang atau produk mungkin bisa saja terjadi hal yang dapat menurunkan kualitas barang pesananmu terhadap supplier mu. Maka dari itu pelajari terlebih dahulu proses retur (pengembalian) dan kebijakan jika terjadi kecacatan atau ketidaksesuaian pada kualitas pesanan.

Tentunya hal ini selain menghindari kesalahpahaman juga dapat menghemat waktu jika cara pengembalian telah kita pahami dan sepakati.

4. Konsistensi Kualitas Barang

Setelah itu pilihlah supplier yang memiliki kualitas barang yang konsisten. Maksudnya disini bukan berarti tidak akan selalu 100% sesuai dengan yang kita mau. Meskipun ideal, namun hal itu hampir mustahil dicapai, karena ada beberapa faktor eksternal yang dapat mempengaruhi konsistensi mereka.

Setidaknya, dari 100 pemesanan yang dilakukan 90 diantaranya memuaskan baik dari kualitas dan ketepatan waktu.

DealPOS

DealPOS adalah Software/Aplikasi kasir online yang dirancang khusus untuk toko Retail yang berkategori FashionMinimarketElectronic, Fresh Food dan Toko Bangunan.

Dengan DealPOS, kamu dapat mengelola inventory toko online dan offline secara realtime dalam satu platform. Kamu juga bisa berjualan secara omnichannel (offline dan online), karena DealPOS terintegrasi dengan Marketplace (Shopee, Tokopedia, Tiktok Shop) dan Webstore Instant (Woocommerce).

Leave a Reply