Strategi Penetapan Harga Produk

Strategi penetapan harga adalah bagian besar dari teka-teki untuk bisnis ritel. Sebagian pemasaran, sebagian psikologi, dan sebagian tebak-tebakan, penetapan harga suatu produk dapat menjadi salah satu aspek yang lebih sulit dalam menjalankan toko ritel.

Bila ditetapkan dengan cermat, penetapan harga dapat menjadi faktor utama dalam menyampaikan positioning merek dan proposisi nilai dari konsep ritel.
Dalam artikel ini, kami akan membahas bagaimana strategi untuk menetapkan harga produk Anda dengan benar.

Beberapa pokok Pembahasan :

  1. Mengapa mendapatkan harga yang tepat itu penting
  2. Cara menghitung harga produk
  3. Strategi penetapan harga produk ritel
  4. Bagaimana mengevaluasi strategi penetapan harga

1. Pentingnya menetapkan harga yang tepat

Harga yang tepat adalah sweet spot yang membuat produk Anda tetap kompetitif dan berharga di pasar sambil menjaga margin keuntungan Anda dan mempertimbangkan semua biaya Anda.

2. Menghitung harga produk

Harga benar-benar adalah tindakan penyeimbang. “Menetapkan harga terlalu tinggi akan mencegah pelanggan membeli produk Anda, tetapi menetapkannya terlalu rendah dapat berarti bahwa Anda tidak cukup menutupi biaya Anda dan tidak menghasilkan margin keuntungan yang sesuai.

Jadi mari kita lihat sekilas beberapa cara pengecer dapat menghitung harga produk.

Penetapan harga biaya-plus
Di sini, Anda mengurangi biaya produksi dari harga eceran untuk mendapatkan perkiraan margin keuntungan.

Penetapan harga berdasarkan nilai
Di ​​sini, Anda menghitung berapa yang bersedia dibayar pelanggan untuk produk Anda sebelum menambahkan biaya apa pun. Dengan metode ini, Anda perlu mengetahui berapa biaya yang dikenakan perusahaan lain untuk produk serupa sehingga Anda dapat menetapkan target pasar yang ideal.

Penetapan harga berbasis pesaing
Teliti pesaing Anda di pasar dan lihat kesamaan dalam rentang produk Anda. Apakah Anda kehilangan margin dengan mendiskon terlalu banyak, atau apakah Anda menagih lebih banyak daripada bisnis yang menjual produk serupa.

Penetapan harga berdasarkan elastisitas
 ‘Elastisitas’ adalah bagaimana pelanggan merespons perubahan harga. Anda dapat mengukurnya dengan menganalisis harga dan jumlah penjualan dari transaksi masa lalu dan membandingkan perubahan harga dengan perubahan penjualan unit.

Berbasis lintas produk
Beberapa item dalam kisaran harga terbaik dibandingkan dengan yang lain. Misalnya, rasa yang berbeda dengan ukuran dan merek yogurt atau makanan kucing yang sama sering kali diberi harga yang sama.

Taktik penetapan harga eceran lainnya yang perlu dipertimbangkan termasuk penetapan harga berdasarkan margin kotor, penetapan harga kunci, dan penetapan harga bundel.

Penetapan harga fisik vs e-commerce

Ingatlah bahwa Anda harus mengubah pendekatan Anda terhadap penetapan harga di seluruh toko offline dan online

Ingat pengiriman
biaya pengiriman dapat dimasukkan dalam penetapan harga. contoh : Biaya pengiriman 10.000 tidak akan mencakup jumlah biaya modal pengiriman, oleh karena itu biaya ini harus dimasukkan dalam harga produk.

Jangan menghabiskan keuntungan untuk mengirimkan produk
Ambil barang yang akan Anda jual secara online ke tempat pengiriman dan minta harga pengirimannya. Kemudian gunakan informasi tersebut untuk mengidentifikasi apakah Anda harus menaikkan harga, tarif pengiriman, atau pembelanjaan minimum.

Note : pelanggan menyukai pengiriman gratis, tetapi menawarkannya secara menyeluruh dapat mengurangi efektivitas strategi penetapan harga.

3. Strategi penetapan harga produk ritel yang berbeda untuk diuji

Para ahli juga telah menemukan beberapa cara cerdas untuk memasarkan harga dan membuatnya menarik bagi emosi dan naluri pelanggan.

Harga psikologis
harga yang baik adalah tentang perhitungan yang keras dan dingin tentang bagaimana perasaan konsumen. Dengan mengingat hal ini, ada beberapa taktik penetapan harga psikologis yang dapat dicoba pengecer, seperti:

Diskon bertumpuk
Tawarkan diskon 20 persen plus diskon tambahan 25 persen, alih-alih diskon 40 persen. Diskon bertumpuk seperti ini terlihat lebih besar. Oleh karena itu, Anda menjual lebih banyak tanpa menimbulkan biaya tambahan.

Paket bonus
Misalnya, tawarkan 30 persen lebih banyak dengan harga reguler 100000, Anda akan menang tiga kali. Konsumen membeli lebih banyak. Tiga puluh persen lebih terlihat lebih besar dan lebih baik daripada diskon 25 persen. Dan sebenarnya biayanya lebih murah.

Dorongan sumbangan amal
Alih-alih melakukan diskon besar-besaran (30/40/50), sebuah merek malah dapat menggunakan insentif seperti diskon 20 persen ditambah 20 persen untuk diberikan kepada badan amal strategi ini merupakan cara untuk mengubah diskon menjadi sumbangan.

4. Mengevaluasi keberhasilan strategi penetapan harga

Mengevaluasi keberhasilan strategi penetapan harga yang berbeda itu sulit. Ada banyak faktor yang berperan. Berikut adalah lima cara untuk mendekati pengukuran.

Pantau volume penjualan dan COG
mengevaluasi barang apa yang menghasilkan uang paling banyak versus barang apa yang paling banyak terjual. Misalnya, menjual ratusan gelang kecil setiap bulan yang merupakan top seller .

Periksa tingkat konversi dan retensi
Mulailah menyiapkan sistem yang melihat seberapa sering pelanggan kembali. Lihatlah halaman produk Anda di situs web dan lihat berapa tingkat konversi dari waktu ke waktu saat Anda mencoba berbagai strategi.

Bandingkan lokasi penjualan
Melakukan tes terkontrol dapat membantu Anda mengukur kinerja penetapan harga. Salah satu metode akan memerlukan pemilihan subset lokasi penjualan. Jika toko yang ditampung cukup mirip dengan toko yang lain, akan ada perbedaan kinerja item di dua toko tersebut karena aktivitas penetapan harga.

Bandingkan produk serupa
Ukur kinerja antar item dalam kisaran, untuk metode yang lebih canggih dalam mengevaluasi strategi harga. Ini sangat berguna ketika perbandingan lokasi yang tidak sesuai.

Periksa margin kotor dan ukuran pesanan
Metrik utama dalam ritel adalah margin kotor, tingkat konversi, ukuran pesanan rata-rata, dan nilai umur pelanggan. Metrik ini akan menunjukkan kepada Anda apakah strategi penetapan harga Anda bekerja dengan baik atau tidak

Percaya diri dengan harga
Pilih strategi penetapan harga yang paling sesuai dengan bisnis Anda. Dan jangan malu untuk bereksperimen dengan pendekatan yang berbeda, saat Anda mempelajari lebih lanjut tentang apa yang berhasil dan apa yang tidak untuk toko ritel Anda.

Keyword search : Aplikasi toko baju, Software minimarket, Aplikasi toko buah dan daging, Aplikasi toko bangunan, aplikasi toko elektronik, harga, produk

Leave a Reply