Business Insight

Cara Stock Opname Dengan Cepat & Efisien

Stock Opname adalah kegiatan perhitungan persediaan stok barang di gudang sebelum melakukan penjualan. Kegiatan ini bertujuan untuk mengetahui secara pasti dan benar tentang persediaan barang secara realtime berdasarkan pembukuan dan barang yang ada di gudang.
Oleh karena itu dalam melakukan perhitungan stok tidak boleh ada kesalahan atau ada Barang yang terlewatkan, karena nantinya akan berpengaruh pada stok barang yang dijualnya.
Bagaimana caranya stok opname yang cepat dan efisian yuk simak penjelasan dan tips berikut ini :

Tahapan Sebelum Melakukan Stock Opname

1. Menentukan Jadwal Yang Tepat

tahapan ini dilakukan jauh hari sebelum melakukan stok opname, pada tahapan ini komunikasi harus sering dilakukan antara staff Gudang dan admin penjualan. sebaiknya stock opname tidak di lakukan di saat hari-hari peak season (laris)  atau saat turn over barang Anda di gudang tinggi biasanya untuk mengurangi kerugian yang disebabkan tutupnya usaha di karenakan lamanya melakukan stock opname.

2. Membentuk 2 Team Inventory Control 

Pada tahapan ini,akan di jelaskan mengenai tugas masing-masing team terkait product apa saja yang akan di stok opname. 2 team itu adalah :

Team 1 (Stock Opname Fisik Product)
terdiri dari 3 – 6 Group (tergantung besar kecilnya store anda) dan masing – masing group terdiri dari 10 -12 orang semakin banyak semakin cepat.

Team 2 (Data Entry ke System)
Melakukan input data biasanya akan dilakukan oleh admin yang terdiri dari 1 – 4 orang (bergantung pada besar kecilnya store anda).

3. Siapkan Alat & Kelengkapan Stock Opname

Menyediakan semua alat – alat pendukung yang dibutuhkan untuk proses stock opname seperti, Scanner , sticker barcode buku catatan dll.

4. Menggunakan Software  

Gunakan software tambahan untuk mempercepat proses stok opname anda bisa menggunakan software husus yang dirancang untuk stock opname seperti stock inventory simple, inventory management atau Point of Sale yang menyediakan fitur inventory management.

Tahapan Proses Stock Opname

1. Memisah Product dan Tentukan Priority 

Pisahlah barang yang akan di stock opname dan jangan lupa untuk memberi tanda / tag pada tiap barang yang sudah di input supaya tidak terjadi double input lalu Pilihlah product yang yang akan menjadi prioritas utama untuk di stock opname ini bertujuan untuk mengetahui product-product mana saja yang mudah terjual (best seller) Dengan barang yang biasa.

2. Crosscheck 

Anda harus harus memastikan Kembali semua stock yang di input sudah masuk ke system / program. Ini bertujuan untuk menghindari double stock atau missing stock yang nantinya akan berpengauh ke stock fisik.

3. Adjustment 

Lakukan penyesuaian stock di inventory system / POS bertujuan untuk menambah atau mengurangi barang – barang yang di input ke system karena terkadang barang fisik tidak sesuai dengan di system dikarenakan barang tidak bisa dijual atau expired.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: