UMKM Go Digital: Pentingnya Transformasi Bisnis

Terkadang kita berpikir, buat apa sih bisnis Digital? Memangnya penting ya?

Melihat digitalisasi yang terjadi di segala aspek, sudah saatnya kamu mengikuti proses transformasi digital. Di Indonesia, sudah banyak UKM dan UMKM yang sudah mengikuti proses transformasi digital. Ditambah lagi dengan adanya pandemi Covid-19 pada tahun 2020 yang melanda seluruh dunia, membuat masyarakat banyak beralih dan memanfaatkan perangkat telekomunikasi untuk melakukan berbagai aktivitas tanpa terhambat oleh jarak.

Sekarang simplenya coba kamu liat, semakin banyak orang yang belanja online karena mempermudah mereka tanpa keluar rumah. Gimana kalo kamu punya bisnis fashion? Lalu ada pelanggan mau beli secara online karena malas keluar rumah, kemungkinan kamu bakal kehilanggan pelanggan-pelanggan tersebut loh!

Nah, inilah perlunya untuk transformasi bisnis ke Digital. Untuk mengetahui lebih jelas tentang betapa pentingnya transformasi digital pada bisnis, yuk simak penjelasannya di bawah ini.

Alasan Pentingnya UMKM Transformasi Digital

Berikut ini beberapa alasan mengapa transformasi digital sangat penting untuk keberlangsungan bisnis:

1. Beradaptasi Dengan Teknologi & Perilaku Konsumen

Seiring berkembangnya teknologi, perilaku konsumen berubah sangat cepat. Semakin meningkatnya pertumbuhan E-Commerce dan Social Commerce. Jadi, konsumen mempunyai banyak pilihan sebelum melakukan pembelian.

Namun, jangan jadikan E-Commerce dan Social Commerce sebagai ancaman, melainkan sebagai peluang. Kamu bisa menggabungkan bisnis kamu secara online dan offline. Dalam penelitian Forbes menjelaskan bahwa tingkat penjualan memiliki toko online lebih tinggi dibandingkan mereka yang tidak.

Baca juga: 5 Tantangan Industri Retail Saat Ini
Social Commerce: Trend Belanja Online Di Media Social

Pemasaran Omnichannel bisa membantu kamu menjangkau audience lebih luas lagi. Mudahkan konsumen dalam mencari informasi dan melakukan pemesanan produk kamu melalui E-Commerce, Social Commerce dan Online Store serta optimalkan produk kamu dengan Seach Engine (mesin pencari) dan media sosial.

2. Dapat Meningkatkan Kepuasan Konsumen

Dengan adanya transformasi digital, dapat memudahkan konsumen untuk mendapatkan informasi terkait dengan produk atau jasa yang kamu tawarkan tanpa batasan waktu dan tempat. Pelayananpun dapat dilakukan lebih optimal, baik dalam proses transaksi pembelian, pengiriman ataupun komplain mengenai kendala yang mungkin terjadi. Sehingga dengan adanya transformasi digital ini mampu membantu para UMKM meningkatkan kepuasan konsumen.

3. Meningkatkan Value

Tidak dapat dipungkiri bahwa dengan perkembangan teknologi saat ini, ada lebih banyak tantangan yang memang harus dihadapi oleh suatu bisnis. Salah satunya adalah persaingan harga, persaingan antar UMKM atau pebisnis. Laju UMKM di era digital ini bergerak sangat cepat dan dinamis. Agar kamu tidak kalah dalam persaingan atau setidaknya mampu bertahan di pasar, sebagai pelaku usaha UMKM kamu harus meningkatkan nilai dengan dengan melakukan transformasi bisnis kamu.

4. Menyediakan Pembayaran Digital

Semakin berkembangnya teknologi, banyak temuan-temuan yang dapat mempermudah kehidupan, salah satu nya pembayaran digital. Di Indonesia, pembayaran digital sangat digemari oleh generasi milenial dan Gen Z yang jarang sekali membawa uang tunai disaku nya. Hanya bermodalkan internet banking ataupun e-wallet (dompet elektronik) yang sudah terisi saldo maka transaksi sudah selesai.

Baca juga: Peluang Bisnis Di Era Milenial dan Gen Z

Jika kamu sebagai pelaku usaha UMKM yang hanya menyediakan pembayaran tunai, tentunya kamu tidak bisa menarik pasar milenial dan Gen Z serta tidak mengikuti perkembangan zaman yang sedang berlangsung.

Kesimpulan

Dalam hal ini pentingnya pelaku usaha UMKM untuk transformasi bisnis ke digital untuk mempertahankan eksistensinya. Karena saat ini tren belanja sudah berubah. Jika dahulu sering mengandalkan toko offline, namun semenjak pandemi Covid-19 sampai saat ini penjualan UMKM berubah dan bertransisi ke toko online. Berbelanja secara online mempermudah konsumen untuk mendapatkan barang atau produk tanpa keluar rumah.

DealPOS adalah Software/Aplikasi kasir online yang dirancang khusus untuk toko Retail yang berkategori FashionMinimarketElectronic, Fresh Food dan Toko Bangunan.

Dengan DealPOS, kamu dapat mengelola inventory toko online dan offline secara realtime dalam satu platform. Kamu juga bisa berjualan secara omnichannel (offline dan online), karena DealPOS terintegrasi dengan Marketplace (Shopee, Tokopedia, Tiktok Shop) dan Webstore Instans (Woocommerce).

Leave a Reply