Industri 4.0 : Transformasi Bisnis Untuk Retail

Transformasi Digital berlangsung diiringi dengan era industri 4.0 yang banyak membawa dampak perekonomian Indonesia. Industri 4.0 adalah tansformasi menuju perbaikan dengan mengintegrasikan internet atau dunia online dengan produksi industri. Proses produksi berjalan dengan intenet sebagai penopang nya.

Banyak bisnis yang tereleminasi dengan adanya Industri 4.0, namun banyak punya bisnis retail yang bertahan bahkan muncul di era baru ini. Bisnis retail yang bertahan maupun yang baru mampu melihat peluang di Industri 4.0 dan memanfaatkan teknologi yang berkembang saat ini.

Bisnis Retail perlu bertransformasi dan berdaptasi di Era Industri 4.0 agar dapat mempertahankan eksistensi nya. dengan memanfaatkan internet sebagai media pemasaran, karena penggunaan internet dalam proses bisnis terus mengalami peningkatan. Berikut Transformasi Bisnis yang perlu diperhatikan bisnis retail:

Baca juga: 5 Kesalahan Bisnis Retail Yang Harus Dihindari

Memanfaatkan Penjualan Online

Pada saat pandemic covid-19, hampir seluruh toko offline ditutup dikarenakan PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) yang membuat para pelanggan beralih melakukan transaksi penjualan dan pembelian secara online sampai sekarang. Jika kamu tidak memanfaatkan online store maka kamu tidak menjangkau lebih luas calon customer kamu karena belanja online terus mengalami peningkatan seiring berjalannya teknologi. Kesempatan ini bisa kamu manfaatkan untuk memperluas jangkauan dan mendapatkan banyak pelanggan.

Pembayaran Digital

Semakin berkembangnya teknologi, banyak temuan-temuan yang dapat mempermudah kehidupan, salah satu nya Pembayaran Digital. Di Indonesia, pembayaran digital sangat digemari oleh generasi millennial yang jarang sekali membawa uang tunai di saku nya. Hanya bermodalkan internet banking ataupun e-wallet (Dompet elektronik) yang sudah terisi saldo maka transaksi sudah selesai.

Jika kamu sebagai pelaku usaha retail yang hanya menyediakan pembayaran tunai, tentunya kamu tidak bisa menarik pasar milenial dan tidak mengikuti perkembangan zaman yang sedang berlangsung.

Online Marketing

Online Marketing atau pemasaran online adalah aktivitas pemsaran produk atau jasa melalui media internet. Di Era Industri 4.0 banyak yang sudah menggunakan online marketing ini melalui campaign media sosial, search engine, website dll.

Ditambah lagi saat ini media social sudah tidak sekedar untuk chatting atau upload foto saja, tetapi media sosial dijadikan sebagai kendaraan untuk menaikkan eksistensi bisnis. Dalam hal ini jika para pelaku bisnis retail ingin usahanya tetap bertahan eksistensi nya, maka gunakanlah Online Marketing sebagai penunjang untuk mempertahankan eksistensi.

Customer Relationship Management (CRM)

Apa itu CRM? CRM (Customer Relationship Management adalah strategi yang membantu menarik prospek penjualan, mengkonversi menjadi pelanggan dan mempertahankan pelanggan yang sudah ada sehingga pelanggan puas dan loyal terhadap kita.

Tujuan CRM untuk mengetahui sebanyak mungkin tentang keinginan atau kebutuhan customer serta perilaku customer. Selanjutnya memberikan pelayanan yang optimal dan mempertahankan hubungan yang Sudah ada. Jika kamu sebagai customer diperlakukan baik oleh penjual, pasti kamu merasa puas kan dengan pelayanannya ?  dan kamu akan melakukan repeat order ditempat tersebut.

Leave a Reply