Cara Membangun Customer Relationship Untuk Bisnis

Dealpos-Membangun-Customer-Relation
Membangun Customer Relation

Sebagai pelaku usaha membangun customer relationship merupakan pokok penting dalam menjalankan sebuah bisnis. Hubungan yang baik memungkinkan customer datang kembali atau memberikan referensi/referral sehingga pendapatan bisnis pun akan semakin meningkat.

Membangun customer relationship tidak hanya untuk pemilik bisnis kecil akan tetapi juga bisnis besar keduanya sama-sama diuntungkan. Berikut penjelasan dan caranya:

Dialog Aktif

Dialog atau komunikasi yang aktif mempunyai peran penting untuk membangun sebuah relasi bisnis dengan konsumen. Memasarkan bisnis dan mendengarkan konsumen dengan baik juga sama-sama penting daripada hanya mempromosikan bisnis.

Buatlah tabel list customer lalu luangkan waktu untuk menghubungi, dengarkan dan yakinkan bisnismu bisa memenuhi kebutuhan customer, juga pastikan semua kebutuhan customer terpenuhi.

Pelayanan Melebihi Ekspektasi

Setiap customer pasti berharap dan mendapatkan pelayanan yang baik dalam melakukan transaksi, dari segi bisnis memenuhi ekspektasi saja tidak akan cukup bila ingin memiliki hubungan yang baik dengan customer. Sebuah bisnis perlu meningkatkan standardnya supaya dapat melebihi ekspektasi customer.

Contoh kecil ketika kamu menjual produk dengan tipe pre-order dan menjanjikan pesanan akan siap dalam waktu dua minggu. Lalu anda berupaya untuk menyelesaikan pesanan dan mengirimkannya dalam waktu satu minggu, yang pastinya customer akan lebih senang dikarenakan pesanannya selesai lebih awal daripada yang dijanjikan. Pada titik ini anda sudah membuat konsumen terkesan. Konsumen yang terkesan dengan pelayananmu akan terus datang kembali.

Feedback

Mendengar dan didengar merupakan landasan penting untuk sebuah relasi, oleh karena itu ajaklah customer untuk memberikan feedback, dengan tujuan bahwa bisnis anda selalu terbuka dan mendengarkan mereka.

Kamu bisa melakukan nya dengan berbagai cara, bisa langsung telfon atau melalui social media (feed & story untuk yang di instagram) secara tidak langsung ini juga akan meningkatkan engagement social media anda. Pastikan untuk mendengarkan semua saran kritikan maupun pujian dengan seksama lalu berikan solusi yang tepat. Banyak dari customer biasanya meninggalkan sebuah bisnis dikarenakan tidak mendapatkan respon yang diharapkan.

Selalu Terhubung dengan Customer

Seperti yang dijelaskan sebelumnya customer ibaratkan raja di bisnis kita, membuatnya nyaman dan selalu terhubung akan membuat bisnis anda semakin kredibel, banyak cara untuk selalu terhubug dengan customer salah satunya dengan pemanfaatan social media live streaming, sebagai catatan ketika sedang terhubung dengan customer secara live stream pastikan percakapan berjalan satu arah dan memberikan jawaban yang berkualitas.

Berikan Apresiasi

Nah jika kamu menggunakan Aplikasi Point of sale yang menggunakan fitur CRM (Customer Relationship Management) kamu bisa membangun customer relationship dengan memberikan apresiasi dengan cara memberikan promo khusus seperti contoh potongan diskon spesial.

Kamu juga dapat membuat program loyalty point, jadi ketika customer melakukan pembelanjaan maka akan mendapatkan point tertentu dimana nantinya point tersebut bisa ditukarkan dengan sebuah produk atau potongan harga untuk pembelanjaan berikutnya. Kamu juga dapat memberikan sebuah merchandise untuk customer pilihan kamu seperti contoh kalender, akrilik dan sebagainya yang ada logo bisnis kamu dengan tujuan untuk menjaga bisnismu tepat berada di benak customer.

baca Juga : Trick Word of Mouth untuk Membuka Toko Retail Baru


Jika kamu mempunyai usaha atau bisnis di bidang Fashion Retail, Minimarket, Electronic, Fresh Food dan Toko Bangunan, gunakanlah DealPOS. Karena DealPOS dirancang khusus untuk usaha retail.

dealpos-blog-trial-indonesia

Keyword Search: Aplikasi Kasir Online, Aplikasi Kasir Toko, Software Minimarket, Aplikasi Toko Baju, Aplikasi Toko Buah, Aplikasi Toko Bangunan, Aplikasi POS, customer relationship

Leave a Reply