Fulfillment : Bagaimana Proses dalam Bisnis Online

dealpos-fulfillment

Baru-baru ini perkembangan bisnis online di indonesia semakin meningkat, dengan adanya marketplace seperti shopee dan tokopedia yang memudahkan para pelaku usaha untuk menjual produk mereka secara online. dalam proses ini ada istilah yang kita kenal dengan fulfillment

Salah satu tantangan bagi para pebisnis online adalah bagaimana memproses barang sampai ke tangan customer dengan efektif dan efisien.

1. Fulfillment

Fulfillment merupakan sebuah gudang bersama yang pertama kali dikembangkan oleh Amazon di tahun 1997 yang mengacu pada semua proses order penjualan mulai dari pengemasan produk hingga sampai ke tangan customer.

Dalam bisnis online, fulfillment biasa disebut sebagai back-office operation. Dikarenakan kegiatan ini lebih sering terjadi di belakang atau di warehouse.

2. Proses Fulfillment

Pengambilan barang (Pick)

Langkah pertama yang dilakukan ketika menggunakan metode ini adalah melakukan penghitungan barang yang akan di kirim ke customer, setelah itu pihak gudang bersama akan melakukan pengambilan ke tempat anda, pastikan anda menyiapkan stok cadangan jika sewaktu waktu stok di gudang bersama habis.

Pengelolaan barang

Proses pengelolaan barang merupakan point penting yang dibutuhkan para pelaku usaha karena mereka tidak perlu mengelola, menjaga ataupun merawat barang. Karena semuanya telah ditangani secara profesional oleh pemilik gudang.

Pengemasan barang (Pack)

Setelah ada orderan masuk maka pemilik gudang akan melakukan pengemasan produk, pengemasan barang harus dilakukan sesuai dengan prosedur yang tepat dan pastikan alamat sudah sesuai supaya barang aman dan sampai ke tangan customer.

Disisi lain pemilik bisnis, hanya perlu memonitoring pergerakan barang.

Pengiriman barang (Ship)

Tahap terakhir dalam proses ini adalah mengirimkan barang milik customer, biasanya pemilik gudang dengan jam terbang tinggi sudah bekerja sama dengan jasa pengiriman yang terpercaya untuk melakukan proses ini.

Pemilik bisnis bisa lebih santai, namun tetap harus memastikan semua orderan customer sudah dikirim sesuai dengan estimasinya.

3. Bagaimana DealPOS Membantu anda Mengatur Fulfillment

Jika anda memiliki bisnis dengan beberapa outlet atau cabang yang perlu mengirimkan barang ke pelanggan, DealPOS menyediakan fitur ini untuk memproses dan melihat status pengiriman dari setiap outlet, fitur ini juga berfungsi ketika ada orderan masuk dari marketplace.

Cara menggunakan fitur Fulfillment di DealPOS

Baca juga : Perbedaan Inventory Management & Inventory Control


Jika kamu mempunyai usaha atau bisnis di bidang Fashion Retail, Minimarket, Electronic, Fresh Food dan Toko Bangunan, gunakanlah DealPOS. Karena DealPOS dirancang khusus untuk usaha retail.

dealpos-blog-trial-indonesia

Keyword Search: Aplikasi Kasir Online, Aplikasi Kasir Toko, Software Minimarket, Aplikasi Toko Baju, Aplikasi Toko Buah, Aplikasi Toko Bangunan, Aplikasi POS, fulfillment