Trick Word of Mouth untuk Membuka Toko Retail Baru

word-of-mouth

Trick word of mouth merupakan cara efektif untuk mempromosikan otlet baru di toko anda.
Memiliki banyak toko/outlet di berbagai lokasi memungkinkan brand anda untuk lebih dikenal dan menjangkau lebih banyak pelanggan baru.

Akan tetapi perlu di catat ketika membuka sebuah cabang baru, pelanggan tidak akan langsung datang beramai-ramai masuk ke toko ketika anda membuka pintu. Anda perlu memaksimalkan kinerja untuk menyebarkan info dan promosi salah satu cara yang efektif adalah dengan metode word of mouth.

Berikut beberapa ide tentang bagaimana anda dapat mendorong info dari mulut ke mulut untuk cabang toko baru anda.

1. trick word of mouth pertama adalah Infokan Lokasi Baru Anda Walaupun Toko Belum Dibuka

Anda perlu membangun hype meskipun toko baru anda masih dalam proses pengerjaan.

Anda bisa menginfokan toko anda secara offline, website dan media sosial untuk meningkatkan brand awareness dan menjaga brand tetap diingat oleh customer.

Berikut adalah beberapa hal yang dapat Anda lakukan:

Di Toko

Jika anda membuka toko yang tidak terlalu jauh dari toko yang sudah ada, anda dapat mencoba menginfokan lokasi baru anda dengan pelanggan yang sudah ada.

seperti contoh Mintalah teman atau pelanggan tetap anda untuk menginfokannya sehingga orang-orang mengetahui cabang baru tersebut.

Selain itu anda bisa melakukan promosi dengan menyebutkannya di dalam toko atau dengan meletakkan pamflet promosi di dalam tas belanja mereka saat mereka melakukan pembelian.

Media Sosial

Posting update dan foto toko anda yang akan segera dibuka di situs sosial sehingga audience dan follower anda tahu apa yang terjadi.

Anda juga dapat memberikan hadiah atau promosi di media sosial untuk menarik orang agar membagikan konten kepada teman-teman mereka.

Email

Broadcast info melalui email untuk memberi tahu pelanggan bahwa anda sedang menyiapkan toko di lokasi baru.

Pastikan audience yang di target adalah audience yang relevan. Hindari mengirimkan pengumuman ini kepada pelanggan yang tidak tinggal di sekitar toko baru Anda.

2. Membuat Acara Kejutan Pada Saat Pembukaan

Pembukaan pertama merupakan momen penting, jadi persiapkan acara sematang mungkin.

Anda bisa mengundang  artis lokal, musisi, photoboth dll. Dan jangan lupa untuk mendokumentasikannya baik berupa foto atau video.

3. Buat Kesan Kuat Pada Saat Pembukaan

Temukan cara untuk menarik perhatian orang pada hari pembukaan.

Apa yang dapat anda tawarkan yang akan membuat pembeli untuk mengunjungi toko anda lagi? Untuk menjawab pertanyaan ini, itu bergantung pada toko anda. Tetapi apapun yang anda putuskan untuk dilakukan, buatlah itu menjadi kesan yang kuat.

Contoh anda memberikan baju gratis kepada semua customer yang mengunjungi toko pada hari pembukaan. Tentu, ini mendapat perhatian orang dan toko itu sukses.

4. Arahkan Para Pembeli untuk Men-share Toko Anda

Tingkatkan word of mouth dengan mengarahkan customer anda untuk membantu menyebarkan info. Mulailah dengan pelanggan yang paling setia. Pertimbangkan untuk memberi mereka insentif seperti diskon khusus dan bujuk mereka untuk membicarakan brand anda kepada teman dan follower mereka.

Dan jangan lupa untuk memasang iklan, serta memposting foto toko dan barang dagangan anda secara online.

5. Tingkatkan Visibilitas Secara Online

Mulailah untuk menyebarkan info toko baru anda secara online untuk memastikan bahwa orang dapat menemukan anda di web atau social media.

Anda bisa memulainya dengan menaruh di Google, Instagram dan Facebook. Situs web paling mendominasi di search engine, itulah sebabnya anda harus melengkapi profil bisnis anda di situs tersebut segera setelah lokasi baru aktif dan berjalan.

Tambahkan detail sebanyak mungkin seperti:  jam operasional toko, informasi toko (nomor telp), dan sertakan foto toko anda.       

Anda juga bisa mempertimbangkan untuk menggunakan SEO karena banyak dari calon pembeli biasanya melakukan research dahulu di search engine sebelum mengunjungi toko.

Poin penting, pastikan anda mengupload katalog produk anda secara online, seperti di marketplace yang terintegrasi ke Point of Sale anda supaya dapat menampilkan semua stok dari berbagai channel agar calon pembeli bisa melihat–lihat dahulu produk dan stok yang diinginkan sebelum melakukan visit ke toko baru anda.

Baca juga : Tren bisnis Retail Convenience Store

Tips : Rekomendasi POS untuk berjualan offline, online dan mengelola inventory dalam satu platform


DealPOS adalah Software/Aplikasi kasir online yang dirancang khusus untuk toko Retail yang berkategori Fashion, Minimarket, Electronic, Fresh Food dan Toko Bangunan.

dealpos-blog-trial-indonesia

Keyword Search: Aplikasi Kasir, Software Minimarket, Aplikasi Toko Baju, Aplikasi Toko Buah, Aplikasi Toko Bangunan, word of mouth, toko retail

Leave a Reply