Cara Berjualan di TikTok Shop

Pada akhir Q-3 2021, TikTok resmi meluncurkan fitur baru yang berhasil mencuri perhatian para pebisnis di Indonesia yang mampu bersaing dengan Instagram Shop. Fitur tersebut adalah TikTok Shop. Dengan mengusung konsep social commerce, TikTok shop mempermudah para content creator TikTok yang ingin berkreasi sambil berjualan.

Saat ini, Social Commerce menjadi trend bisnis yang dilakukan oleh brand, selebriti social media (insfluencer) hingga para kreatif konten. TikTok Shop adalah sebuah platform social commerce yang dimana pengguna bisa membuat konten sekaligus berjualan atau promosi dalam platform TikTok.

Sedikit berbeda dengan platform social commerce pada umumnya, TikTok Shop dapat memungkinkan pengguna langsung berbelanja dan melakukan transaksi dalam platform tersebut, berbeda dengan Instagram Shop yang masih mengarahkan penggunanya ke website brand untuk berbelanja walaupun terdapat konten yang berupa katalog produk.

Lalu bagaimana caranya berjualan di TikTok Shop? Yuk, simak penjelasannya dibawah ini.

1. Membuat Toko di TikTok Terlebih Dahulu

Pertama, bukalah situs resmi TikTok shop di https://seller-id.tiktok.com dan kamu melakukan pendaftaran terlebih dahulu. Isi semua data pada form yang disediakan oleh TikTok, pastikan kamu memasukkan data dengan benar untuk verifikasi. Jika sudah, klik simpan.

Namun jika kamu sudah mempunyai akun TikTok, kamu bisa login menggunakan Akun TikTok kamu.

2. Isi Form yang disediakan TikTok

Kedua, isi formulir yang disediakan oleh TikTok dengan benar, gunakan e-mail atau nomor telepon yang benar untuk verifikasi (saran, gunakan e-mail). Lalu klik simpan

3. Isi Form yang disediakan TikTok

Setelah proses pendaftaran selesai, kamu akan dibawah ke halaman berikutnya seperti dibawah ini

Kamu harus memverifikasi dokumen kamu terlebih dahulu dalam TikTok Shop, kamu bisa Upload Kartu Tanda Penduduk (KTP) atau SIM (Surat Izin Mengemudi) . lalu TikTok akan memverifikasi akun kamu. Proses Verifikasi Memakan waktu 1-3 hari, bahkan bisa lebih cepat.

4. Verifikasi E-mail TikTok Shop

Hasil Upload dari Verifikasi Dokumen yang kamu upload, TikTok akan memberitahu jika akun kamu telah diverifikasi melalui e-mail yang telah kamu daftarkan. Seperti gambar dibawah ini

5. Upload Produk Kamu di TikTok Shop

Setelah akun kamu di Verifikasi, kamu Upload produk pertama kamu.

Lalu kamu upload produk kamu dengan nama product, kategori, Brand (jika sudah terdaftar di Hak Kekayaan Intelektual, Jika belum tulis saja No Brand, Variasi size (jika size melebihi satu), tentukan harga, berat produk, gambar produk. Seperti gambar dibawah ini.

6. Cantumkan Bank Account

Cantumkan Bank Account kamu untuk proses pencairan dana penjualan kamu ke rekening bank kamu.

7. Produk Kamu di TikTok Shop

Upload kembalik produk kamu jika kamu mempunyai produk lebih dari 1 dengan cara yang sudah dijelaskan diatas dan pahami fitur-fitur yang ada di TikTok Shop seperti gambar dibawah ini

Cara menambahkan produk kamu Ketika sedang membuat konten

1. Sebelum konten kamu di posting, kamu klik tautan terlebih dahulu, seperti gambar dibawah ini

2. Ketika sudah klik tautan, kamu pilih produk kamu

3. Setelah itu kamu posting deh, otomatis akan muncul di tautan Ketika video konten kamu FYP (For Your Page)

DealPOS

Gunakan DealPOS sebagai penunjang usaha retail kamu karena DealPOS sudah terintegrasi dengan Shopee, Tokopedia, Woocommerce dan TikTok Shop. Jadi kamu bisa berjualan secara omnichannel serta dapat mengelola penjualan toko offline dan online kamu dalam satu Platform.

DealPOS adalah Software/Aplikasi kasir online yang dirancang khusus untuk toko Retail yang berkategori Fashion, Minimarket, Electronic, Fresh Food dan Toko Bangunan.

dealpos-blog-trial-indonesia

This Post Has 3 Comments

Leave a Reply