Retailer : Memahami Arti, Jenis dan fungsinya

Pada artikel sebelumnya kami sudah Membahas tentang Bisnis Retail di artikel “Mengenal Bisnis Retail: Pengertian dan Klasifikasinya”
kali ini kita akan membahas lebih dalam tentang Retailer

1. Memahami Arti Retailer
2. Jenis – Jenis Retailer
3. Fungsi Retailer

1. Memahami Arti Retailer

Retailer adalah sebuah bisnis / perusahaan yang membeli produk dari produsen atau grosir dan menjualnya kepada pelanggan atau End user. Dalam arti, Retailer adalah perantara atau perantara yang digunakan pelanggan untuk mendapatkan produk dari produsen.
Retailer ahli dalam pemasaran, penjualan, persediaan barang dagangan, dan mengenal pelanggan mereka.
Mereka membeli barang dari produsen dengan biaya dan memasarkannya ke konsumen dengan harga eceran. Harga eceran bisa di mana saja dari 10 persen sampai 50 persen lebih tinggi dari biaya pabrik.

2. Jenis Retailer

Department Store (Toserba)

Department store dicirikan oleh bauran produk yang sangat luas. Artinya, mereka membawa berbagai jenis barang dagangan, yang mungkin termasuk perangkat keras, pakaian, dan peralatan. Setiap jenis barang dagangan biasanya ditampilkan di bagian atau departemen yang berbeda di dalam toko.

ChainStore (Toko cabang)

Toko cabang dapat menarik banyak pelanggan karena lokasi mereka yang nyaman, dimungkinkan oleh sumber daya keuangan dan keahlian mereka dalam memilih lokasi.

Supermarkets

Supermarket adalah toko swalayan besar dengan fasilitas checkout pusat. Mereka membawa lini produk makanan yang luas dan seringkali produk non-makanan.

Discount Retailer

Berfokus pada harga sebagai daya tarik penjualan utama mereka. Bermacam-macam barang dagangan umumnya luas dan mencakup barang-barang keras dan lunak contoh seperti toko tradisional

Warehouse Retailers

Warehouse Retailer memberikan pengalaman berbelanja yang sederhana dengan harga yang sangat rendah. Warehouse Retailer merampingkan semua aspek operasional bisnis mereka dan memberikan penghematan efisiensi kepada pelanggan.

Franchise (Waralaba)

waralaba menyatukan rantai nasional dan kepemilikan lokal. Pemilik membeli waralaba yang memberinya hak untuk menggunakan model bisnis dan merek perusahaan untuk jangka waktu tertentu.

Malls and Shopping Centers

Mal adalah pusat yang lebih besar yang biasanya memiliki satu atau lebih department store sebagai penyewa utama.

Online Retailing

Ritel online merupakan kekuatan dominan dalam industri ritel, Banyak hasil penjualan yang dilakukan oleh retailer dengan cara Menjual produknya secara online melalui Marketplace seperti Shopee, Tokopeida Lazada dll.

Catalog Retailing

Catalog retailing merupakan metode tradisional dalam pemasaran, Retailer akan memberikan sebuah buku catalog yang berisikan produk-produk yang mereka jual lalu proses transaksi dilakukan by Phone / Chat.

Nonstore Retailing

Nonstore retailing adalah Mesin penjual otomatis sebagai alat utamanya, didalamnya terdapat berbagai jenis produk-produk makanan , minuman bahkan cosmetic

3. Fungsi Retailer

Buying

Retailer membeli berbagai macam barang dari grosir yang berbeda setelah memperkirakan permintaan pelanggan. Dia memilih barang dagangan terbaik dari setiap grosir dan membawa semua barang di bawah satu atap.

Storage:

Retailer menyimpan stok barang yang sudah jadi dan Memajang di tokonya.

Selling

Retailer menjual barang dalam jumlah kecil sesuai dengan permintaan dan pilihan konsumen. Dia menggunakan metode penjualan yang efisien untuk meningkatkan omset penjualannya.

Grading and Packing:

Retailer menilai barang yang tidak dinilai oleh produsen dan grosir. Dia mengemas barang dalam lot kecil untuk kenyamanan konsumen.

Risk-bearing

Retailer selalu menyimpan stok barang untuk mengantisipasi permintaan. serta menanggung risiko kerugian karena kebakaran, pencurian, pembusukan, fluktuasi harga, dll

Financing

Retailer memberikan kredit kepada pelanggan dan memberikan fasilitas pengembalian atau penukaran barang apabila produk barang tidak sesuai

Information

Retailer memberikan pengetahuan kepada konsumen tentang produk baru dan penggunaan produk lama. Mereka menyarankan dan membimbing konsumen dalam pilihan barang yang lebih baik. Mereka juga memberikan informasi pasar kepada grosir dan produsen.

Jika Anda sudah Punya keinginan kuat untuk menjadi seorang retailer, pastinya Anda Perlu menggunakan aplikasi Point of Sale (POS) sebagai penunjang untuk menjalankan bisnis retail anda supaya lebih mudah dalam pencatatan transaksi di toko anda. Untuk itu, DealPOS hadir sebagai aplikasi kasir online yang dapat Membantu bisnis retail anda

Keyword search : Aplikasi toko baju, Software minimarket, Aplikasi toko buah dan daging, Aplikasi toko bangunan, aplikasi toko elektronik, retailer, retail

Leave a Reply