Peningkatan Transaksi Digital di Era Bisnis Online

transaksi_digital

­Dengan berkembangnya teknologi yang kita rasakan sekarang ini dapat mengubah kebiasaan masyarakat dalam segi pembayaran, yang biasanya melakukan pembayaran dengan uang tunai atau cash kini mulai beralih ke transaksi digital dengan metode pembayaran cashless (e-wallet).

Bagi para pelaku UMKM pembayaran yang fleksibel akan jauh lebih baik untuk para customer, oleh karena itu penting untuk anda memahami lebih lanjut mengenai transaksi ini serta kelebihan dan kekurangannya dalam transaksi sehari-hari.

1. Apa itu Transaksi Digital?

Transaksi digital merupakan jenis pembayaran virtual dengan menggunakan aplikasi ataupun melalui website. Dimana ini dapat mengubah cara pembayaran cash menjadi cashless atau non tunai melalui dompet digital.

Transaksi ini semakin diminati masyarakat karena lebih praktis dan aman serta resmi dilindungi oleh lembaga keuangan pemerintah.

2. Jenis-jenis Transaksi Digital

Ada beberapa jenis-jenis pembayaran yang sering digunakan di Indonesia yaitu:

E-wallet

E-wallet atau biasa dikenal sebagai dompet digital untuk menampung saldo uang melalui pihak ke tiga.

Biasanya digunakan untuk transaksi online seperti di marketplace dan penyedia pemesanan online lainnya, bisa juga digunakan di toko-toko maupun di restoran, berikut beberapa contoh dari e-wallet yaitu : Ovo, Gopay, Dana, LinkAja dll.

E-money

E-money merupakan uang elektronik yang dikeluarkan oleh Bank di Indonesia, biasanya digunakan untuk transaksi elektronik seperti bayar tol, bayar parkir elektronik , belanja dll.

Jenis transaksi ini memiliki chip khusus yang terkoneksi ke bank masing-masing contoh: kartu flazz BCA, Mandiri e-money, tap cash dll.

Online Banking

Online banking merupakan layanan transaksi uang elektronik melalui internet atau juga bisa disebut internet banking yang disediakan oleh bank di Indonesia. Layanan ini dibagi menjadi 2 yaitu internet banking (melalui website) dan mobile banking (menggunakan aplikasi di smartphone). Contohnya: KlikBCA

QR Code

QR Code merupakan barcode dua dimensi yang berisikan informasi berupa link, teks dan URL yang dapat dibuka dengan cara di scan menggunakan smartphone.

Dalam metode transaksi ini QR code memerlukan kolaborasi dengan perusahaan penyedia dompet digital, salah satu penyedia QR Code untuk digital payment di Indonesia adalah QRIS (Quick Response Code Indonesian Standard)

Dengan menggunakan QRIS, merchant dan customer dapat melakukan transaksi pembayaran online meskipun provider nya berbeda–beda dengan catatan penyedia tersebut sudah support QRIS.

3. Kelebihan dan kekurangan Transaksi Digital

Ada bebearapa kelebihan dan kekurangan dari metode transaksi ini yaitu:

A. Kelebihan

Mudah dan Cepat

Pembayaran dapat dilakukan dengan cepat dan mudah tanpa perlu membawa uang tunai, anda hanya perlu menggunakan aplikasi di smartphone.

Nominal Transaksi yang Fleksibel

Pembayaran secara digital dapat membayar jumlah transaksi dengan nominal yang pas dan anda tidak perlu lagi menerima uang kembalian berbentuk receh.

Hemat Biaya

Biaya lebih murah dibandingkan dengan pembayaran manual pada umumnya karena transaksi ini biasanya dilakukan secara otomatis.

Minim Resiko Pencurian

Setelah anda melakukan transaksi anda akan langsung masuk ke rekening virtual account penjual, hal ini dapat mencegah uang hilang atau kecurian.

B. Kekurangan

Minimnya Pengetahuan Teknologi

Transaksi ini biasanya menggunakan smartphone/tablet atau komputer dimana hal ini akan menyulitkan masyarakat yang minim pengetahuan tentang teknologi.

Cyber Crime

Salah satu hal yang ditakuti oleh pelanggan yang mempunyai dompet digital adalah pencurian data oleh hacker berupa data informasi pribadi sampai saldo dompet digital anda, maka disarankan untuk memilih penyedia dompet digital yang mempunya sertifikasi OJK dan berstandar ISO

Biaya Tambahan

Tidak semua pembayaran digital itu gratis, adanya biaya layanan yang berbeda-beda dari tiap merchant yang mana ini akan dibebankan kepada penggunanya.

Membutuhkan Infrastruktur Komunikasi

 Transaksi online kebanyakan berbasis cloud dimana ini akan membutuhkan koneksi internet untuk menggunakannya.

4. Rekomendasi Aplikasi Kasir / Point of Sale untuk Mendukung Transaksi Digital Anda

Jika anda berbisnis retail yang berjualan offline dan online dengan transaksi yang padat anda mungkin bisa consider untuk menggunakan aplikasi kasir Dealpos untuk memudahkan customer dalam segi pembayaran nya, karena aplikasi kami sudah support untuk pembayaran digital yaitu QRIS.

Baca juga: Mesin EDC vs Dompet Digital : Lebih Efektif Mana?


DealPOS adalah Aplikasi kasir online yang dirancang khusus untuk toko Retail yang berkategori Fashion, Minimarket, Electronic, Fresh Food dan Toko Bangunan.

dealpos-blog-trial-indonesia

Keyword Search: Aplikasi Kasir, Software Minimarket, Aplikasi Toko Baju, Aplikasi Toko Buah, Aplikasi Toko Bangunan, transaksi digital

Leave a Reply