Apa itu QRIS ? Kelebihan dan Cara Penggunaannya

Digital-Payment
Digital Payment

Saat ini, zaman semakin lama semakin maju, begitu juga dengan Teknologi yang semakin meningkat perkembangannya. Salah satu nya adalah Ketika kita mulai beralih belanja ke toko langsung (offline) dan saat ini hanya berbelanja online melalui gadget kita. Tidak hanya itu saja, saat ini masyarakat banyak melakukan transaksi digital seperti transfer bank dan pembayaran kartu kredit. Di Indonesia sendiri mulai ada pembayaran menggunakan kode QR (QRIS) dan semakin popular saat ini.

Baca Juga: 8 Tips Memilih Aplikasi Kasir Online Untuk Bisnis Retail

Pengertian QRIS

Mungkin kalian sering mendengar tentang QRIS, namun apakah kalian tau Apa itu QRIS?

QRIS adalah singkatan dari Quick Response Code Indonesian Standard, secara umum QRIS adalah sebuah standarisasi metode pembayaran dengan menggunakan kode QR dari Bank Indonesia agar setiap transaksi yang dilakukan lebih aman, mudah dan cepat. Jadi, cukup menggunakan QRIS semua pembayaran hanya menggunakan satu kode QR saja dan sudah terintegrasi dengan seluruh pembayaran digital seperti Dana, Shopee Pay, Ovo dan lains sebagainya.

Kelebihan Metode Pembayaran QRIS

Berikut ini adalah kelebihan dari QRIS sebagai metode pembayaran kamu:

1. Mempermudah Transaksi

Tentunya dengan adanya QRIS dapat mempermudah transaksi kamu sebagai pembeli dan juga mempermudah penjual karena tidak perlu mendaftar ke semua penyedia pembayaran digital. Hanya dengan satu kode dapat menyatukan seluruh metode pembayaran. Apalagi jika usaha kamu menyediakan banyak pembayaran digital, tentunya akan sangat repot jika tidak menggunakan QRIS. Cukup satu kali mendaftar QRIS untuk bisnis kamu, kamu dapat mencatat setiap transaksi dompet digital.

2. Mempercepat Transaksi

Dengan menggunakan transaksi QR dipastikan lebih cepat dan praktis karena customer kamu tidak perlu membayar dengan uang cash/tunai dan kamu tidak perlu menyediakan uang kembalian. Sebab, pelanggan tinggal scan kode QR yang kamu berikan dan pelanggan kamu memasukkan jumlah nominal transaksi. Semudah itu kan.

3. Aman Dalam Bertransaksi

Jika kamu takut uang yang digunakan pelanggan adalah uang palsu, tanda nya kamu harus menggunakan metode pembayaran QRIS ini. Transaksi menggunakan dijamin keamanannya karena Ketika melakukan transaksi atau pembayaran maka memerlukan kata sandi atau pin untuk persetujuan transaksi. Jadi sangat aman  bertransaksi menggunakan QRIS ini.

4. Lebih Terjangkau

Saat ini, Bank Indonesia (BI) masih memperpanjang kebijakan gratis biaya transaksi non tunai melalui saluran pembayaran QRIS bagi usaha mikro yang dibebankan ke toko (Merchant Discount Rate/MDR). Tahun lalu, BI menetapkan biaya transaksi maksimal untuk QRIS sebesar 0,7 persen yang akan ditanggung oleh mitra atau merchant. Angka tersebut juga bisa menjadi lebih kecil jika transaksi pembayaran masuk dalam kategori khusus. Bila dibandingkan dengan nominal transaksi secara keseluruhan, angka ini jelas sangat kecil. Di sisi lain, pembeli tidak dikenakan biaya apa pun.

Kategori merchant yang masuk dalam jenis transaksi regular dan dikenakan biaya transkasi MDR maksimal sebesar 0,7 persen adalah Usaha Kecil (UKE), Usaha Menengah (UME), dan Usaha Besar (UBE). Sementara untuk kategori Usaha Mikro (UMI), tidak akan dikenakan biaya MDR sampai akhir tahun 2021.

Sedangkan untuk merchant yang masuk dalam jenis transaksi khusus, beban biaya MDR yang dikenakan bisa lebih kecil. Contohnya, Pendidikan (0,6%) dan SPBU atau Public Service Obligation (0,4%). Sementara untuk transaksi nirlaba seperti bansos, Government to People, dan People to Government tidak akan dibebankan biaya MDR sepeser pun.

Cara Penggunaan QRIS

Qris
Qris

Nah, dari penjelasan diatas, seharusnya kamu udah tahu dong kalau tujuan utama dan kegunaan diterapkannya QRIS itu untuk mempermudah serta mempercepat transaksi digital dan pastinya sangat  bermanfaat bagi pembeli maupun penjual atau merchant. Sebab, semua pembayaran nontunai dapat diawasi melalui satu pintu aja.

Lalu, sebenarnya sumber dana pada transaksi QRIS tuh apa aja sih ? Sama seperti dompet digital pada umumnya seperti Dana, Ovo, Gopay, Shopee Pay dan lain sebagainya, sumber saldo berasal dari kartu debit, kartu kredit, maupun uang elektronik yang telah disetujui oleh Bank Indonesia.

Kalo misalnya kamu udah punya saldo di dompet digital tersebut, kamu tinggal scan kode QR nya aja deh. Setelah itu, pembeli akan menunjukkan QR code di smartphone apabila berhasil melakukan transaksi.

Mudah banget kan ?

Pembayaran QRIS Telah Hadir di DealPOS

Pembayaran-Qris
Pembayaran Qris

Kali ini DealPOS bekerjasama dengan payment gateway menghadir dengan fitur terbarunya yang tentunya memudahkan proses transaksi pada usaha kamu dengan menawarkan metode pembayaran QRIS.

Dengan jenis pembayaran QRIS DealPOS telah terintegrasi ke seluruh metode pembayaran digital sehingga transaksi pembayaran lebih mudah dan cepat. Memberikan banyak opsi kepada konsumen saat melakukan transaksi apalagi kalo pelanggan kamu kebanyakan melakukan proses pembayaran cashless.

Daftar Disini

dealpos-blog-trial-indonesia

Keyword search : Aplikasi toko baju, Software minimarket, Aplikasi toko buah dan daging, Aplikasi toko bangunan, aplikasi toko elektronik, Digital payment, Qris

This Post Has One Comment

Leave a Reply