Brand Collaboration. Bersaing atau Kerja Sama?

Di Revolusi Industri 4.0 ini semakin maju bisnis besar maupun kecil yang semakin banyak memenuhi pasar. Wajar saja jika tensi persaingan jadi semakin meningkat.  Tapi, apakah Brand akan terus-terusan bersaing? Tentu tidak, mereka juga saling bergabung atau berkolaborasi demi mencapai pasar yang lebih tinggi.

Table of Content

  1. Negoisasi
  2. Ekspansi
  3. Inovasi
  4. Relasi

Namun tidak semua mampu membangun kerja sama karena keterbatasan dari salah satu perusahaan. Bisa jadi keterbatasan Sumber Daya Manusia ataupun Market yang tidak sesuai. Dalam hal ini biasanya kedua brand harus sama-sama menguntungkan, lebih tepatnya symbiosis mutualisme.

Idealnya. Kamu harus mempunyai produk yang bisa diluncurkan ke pasar tanpa bantuan perusahaan lain. Selain itu, penting juga menumbuhkan pertumbuhan secara organic sehingga kamu tidak bergantung pada partner untuk memperluas pasar dan mempercepat ekspansi. Oleh karena itu, kamu hanya melakukan kerja sama di waktu tertentu dengan perusahaan lain jika kamu melihat peluang untuk memperluas pasar kamu. Apa saja keuntungan jika kamu bekerja sama?

Negoisasi

Kamu akan bernegoisasi dengan perusahaan yang kamu ingin ajak bekerja sama, gunakanlah Win Win Solution agar keduanya sama-mana mendapat keuntungan.

Ekspansi

Kamu bisa memperluas target pasar kamu, lebih tepatnya kamu melebarkan sayap untuk terbang lebih tinggi agar calon konsumen dapat mengetahui produk yang kamu jual.

Inovasi

Kamu akan berdiskusi dengan perusahaan yang ingin kamu ajak berkolaborasi dan memberikan ide kreatif sehingga menciptakan produk yang inovatif akan terwujud demi kebutuhan calon konsumen kamu.

Relasi

Kamu akan mendapat relasi lebih banyak jika kamu bisa bekerja sama. Disitulah keuntungan berkolaborasi jika memperluas relasi dengan tujuan mengekspansi pasar lebih luas.

dealpos-blog-trial-indonesia

Keyword Search: Aplikasi Kasir , Aplikasi Kasir Toko, Software Minimarket, Aplikasi Toko Baju, Aplikasi Toko Buah, Aplikasi Toko Bangunan, Aplikasi POS, Omnichannel, Aplikasi omnichannel, brand collaboration, brand

Leave a Reply