Pentingnya Customer Review dalam Bisnis Online

Istilah ulasan pelanggan mungkin sudah tidak asing lagi bagi kita.

Dalam menjalankan suatu bisnis, seorang pengusaha pasti akan menerima tanggapan dari masyarakat mengenai produk atau jasa yang ditawarkannya. Apabila ia tanggap terhadap komentar-komentar tersebut dengan cepat, reputasi bisnisnya dapat meningkat karena terlihat peduli terhadap kebutuhan pelanggan.

Artikel ini menyajikan informasi mengenai ulasan pelanggan, termasuk pengertian dan pentingnya customer review dalam bisnis online. Mari simak penjelasannya di bawah ini!

Pengertian Customer Review

Menurut Indeed, ulasan pelanggan adalah komentar atau tanggapan dari individu yang telah membeli produk atau menggunakan layanan dari suatu perusahaan.

Jadi, jika kamu pernah memberikan pendapat setelah melakukan pembelian secara online, maka itu bisa dianggap sebagai contoh dari ulasan pelanggan.

Hal menariknya, menurut Broadly, 93% pelanggan cenderung melihat ulasan yang diterima oleh suatu bisnis sebelum mereka memutuskan untuk membeli produk atau menggunakan layanannya.

Pasti kamu juga melakukan hal yang serupa, bukan? Saat melihat toko dengan ulasan yang positif, tentunya kamu akan lebih tertarik untuk berbelanja di sana.

Dengan demikian, perusahaan yang memiliki sejumlah ulasan atau tanggapan positif cenderung lebih mudah menarik perhatian dan kepercayaan dari banyak pelanggan.

Mengapa Customer Review Penting Pada Bisnis Online?

1. Meningkatkan Brand Awareness

Dalam dunia bisnis, keberadaan banyak pesaing adalah hal umum. Jika tidak memiliki ciri khas yang membedakan bisnismu dari yang lain, kemampuan untuk bersaing menjadi terbatas.

Salah satu strategi untuk membuat bisnismu terlihat unik dan istimewa adalah dengan memberikan pelayanan yang luar biasa, termasuk merespon ulasan pelanggan dengan baik.

Oleh karena itu, setiap kali mendapatkan ulasan, baik positif maupun negatif, segera tanggapi dengan baik.

Tindakan ini akan membantu membangun citra positif bagi bisnismu dimata pelanggan, menunjukkan dedikasi untuk meningkatkan kualitas, dan mengarah pada perkembangan bisnis yang lebih baik.

2. Membangun Loyalitas Pelanggan

Indeed menyatakan bahwa memberikan tanggapan terhadap umpan balik pelanggan juga dapat meningkatkan tingkat kesetiaan pelanggan. Cara apa yang dapat membuat pelanggan merasa demikian? Salah satunya adalah dengan segera merespon umpan balik pelanggan.

Jika umpan balik yang diterima positif, kamu dapat memberikan tanggapan yang menyatakan komitmen untuk terus meningkatkan kualitas layanan saat ini. Namun, jika mendapat umpan balik negatif, kamu bisa meminta maaf dan menegaskan komitmen untuk meningkatkan kualitas layanan.

Dengan cara ini, pelanggan akan merasa didengar dan terlibat dalam proses pengambilan keputusan bisnis, yang pada gilirannya akan membentuk hubungan yang kuat dan setia antara pelanggan dan perusahaan.

3. Mengidentifikasi Kepuasan Pelanggan

Dengan memerhatikan ulasan pelanggan, kamu dapat menilai sejauh mana kepuasan pelanggan terhadap produk atau layanan yang kamu tawarkan.

Apakah produkmu diterima dengan baik oleh pembeli? Adakah hal-hal yang membuat mereka merasa tidak puas terkait dengan kualitas dan pelayanan yang kamu sediakan saat ini?

Kedua pertanyaan tersebut sangat signifikan untuk mengidentifikasi apakah ada isu terkait dengan kualitas atau pelayanan dalam usahamu.

Jika terdapat masalah, langkah cepat dalam menemukan solusi dapat menghindari terjadinya masalah yang sama di masa depan.

Selain itu, tingkat kepuasan pelanggan juga dapat menjadi data penting untuk mengevaluasi bisnismu, memberikan wawasan tentang langkah-langkah yang perlu diambil untuk perbaikan di masa mendatang.

DealPOS

DealPOS adalah Aplikasi kasir online yang dirancang khusus untuk bisnis retail yang berkategori FashionMinimarketElectronic,Fresh Food dan Toko Bangunan.

Dengan DealPOS, kamu dapat mengelola inventory toko online dan offline secara realtime dalam satu platform. Kamu juga bisa berjualan secara omnichannel (offline dan online), karena DealPOS terintegrasi dengan Marketplace (Shopee, Tokopedia, Tiktok Shop, Lazada) dan Webstore Instant (Woocommerce).

Leave a Reply