DealPOS Blog

Berjualan di Website vs Marketplace, Lebih Baik Mana?

Dalam dunia E-Commerce, ada dua opsi utama yang tersedia untuk para penjual yaitu di marketplace atau menggunakan website sendiri. Namun, perdebatan tentang mana yang lebih baik antara berjualan di website atau marketplace masih terus berlanjut.

Berpindahnya kegiatan jual-beli ke platform digital telah membuka peluang yang luas bagi para pebisnis untuk memperluas jangkauan dan meningkatkan penjualan mereka.

Artikel ini akan mengeksplorasi kelebihan dan kekurangan dari kedua opsi tersebut.

1. Kelebihan Berjualan di Website

Branding dan Kredibilitas

Dengan memiliki website sendiri, anda dapat membangun brand sendiri dan menciptakan identitas yang kuat. Hal ini memberi kontrol penuh atas tampilan, nuansa, dan pengalaman pengguna yang ingin anda tampilkan kepada pelanggan. Selain itu, memiliki website dapat memberikan kesan kredibilitas dan profesionalisme yang lebih tinggi.

Kontrol Penuh

Berjualan di website memberi anda kontrol penuh atas segala aspek bisnis, mulai dari tata letak, desain, hingga strategi pemasaran. Anda dapat memilih platform E-Commerce yang sesuai dengan kebutuhan dan preferensi anda, serta menyesuaikan pengalaman belanja agar sesuai dengan visi bisnis.

Hubungan Langsung dengan Pelanggan

Melalui website, anda dapat membangun hubungan langsung dengan pelanggan, mengumpulkan data pelanggan, berkomunikasi melalui surel atau chat langsung, dan memberikan layanan pelanggan yang lebih personal. Ini membantu meningkatkan kepercayaan dan loyalitas pelanggan.

Potensi Keuntungan Lebih Tinggi

Dalam jangka panjang, berjualan di website dapat memberikan potensi keuntungan yang lebih tinggi karena anda tidak perlu membayar biaya komisi kepada platform marketplace. Anda juga memiliki fleksibilitas untuk menentukan kebijakan harga anda sendiri dan mengelola strategi pemasaran yang dapat membantu mengoptimalkan laba.

2. Kelebihan Berjualan di Marketplace

Jangkauan dan Lalu lintas Pengunjung

Marketplace umumnya memiliki jumlah pengguna yang besar, yang berarti anda akan mendapatkan akses ke basis pelanggan yang lebih luas. Platform tersebut telah membangun reputasi yang kuat dan memiliki lalu lintas pengunjung yang tinggi, yang dapat meningkatkan peluang penjualan anda.

Infrastruktur Siap Pakai

Ketika anda berjualan di marketplace, anda dapat menghemat waktu dan upaya dalam mengatur dan mengelola website sendiri. Semua infrastruktur teknis dan proses transaksi telah dipersiapkan oleh marketplace, termasuk pemrosesan pembayaran, pengiriman, dan penanganan masalah teknis.

Kepercayaan Pelanggan

Marketplace populer seringkali memiliki tingkat kepercayaan yang tinggi di kalangan konsumen. Pelanggan mungkin merasa lebih nyaman membeli dari toko online yang ada di platform yang sudah mereka kenal dan percaya. Ini dapat membantu mengatasi kekhawatiran tentang keamanan dan keaslian produk.

Dukungan Pemasaran

Marketplace sering kali menawarkan berbagai layanan pemasaran dan promosi yang dapat membantu meningkatkan eksposur dan penjualan anda. Mereka juga sering memiliki program loyalitas dan penghargaan yang dapat menarik lebih banyak pelanggan.

Namun, ada beberapa kekurangan dalam berjualan di website atau marketplace yang perlu dipertimbangkan, seperti biaya pengembangan website, upaya yang diperlukan untuk membangun merek, dan ketergantungan pada perubahan kebijakan dan algoritma platform marketplace.

3. Kesimpulan

Secara keseluruhan, pilihan antara berjualan di website atau marketplace tergantung pada kebutuhan dan tujuan bisnis anda. Jika anda ingin memiliki kontrol penuh atas merek anda, menargetkan pelanggan secara langsung, dan memiliki potensi keuntungan yang lebih besar, berjualan di website mungkin menjadi pilihan yang lebih baik.

Namun, jika anda ingin memanfaatkan basis pelanggan yang besar, infrastruktur yang siap pakai, dan promosi yang disediakan oleh marketplace, berjualan di platform tersebut mungkin lebih sesuai. Beberapa penjual juga memilih untuk memanfaatkan keduanya dengan mengintegrasikan website mereka dengan marketplace yang relevan untuk memperluas jangkauan mereka dan memaksimalkan penjualan.

Baca juga : Perbandingan Biaya Admin Marketplace 2023


DealPOS adalah Aplikasi kasir online yang dirancang khusus untuk toko Retail yang berkategori Fashion, Minimarket, Electronic, Fresh Food dan Toko Bangunan.

Keyword Search: Aplikasi Kasir, Software Minimarket, Aplikasi Toko Baju, Aplikasi Toko Buah, Aplikasi Toko Bangunan, marketplace

Exit mobile version