Retail Tips

Hal yang perlu anda ketahui tentang pembelian Grosir

Ketika Anda memulai bisnis ritel, salah satu hal pertama yang harus diketahui adalah di mana Anda akan menemukan produk untuk dijual.

Sebagian besar pengecer tidak membuat barang dagangan mereka sendiri. Sebaliknya, mereka mendapatkan produk mereka dari grosir. Pedagang grosir tidak hanya merupakan sumber barang dagangan yang hebat, tetapi seiring pertumbuhan dan perkembangan bisnis Anda, mereka cukup fleksibel untuk mendukung Anda di sepanjang jalan.

  1. Definisi Pembelian grosir
  2. Bagaimana Menemukan Pedagang grosir
  3. Bagaimana Memilih pedagang grosir
  4. faktor tambahan yang perlu dipertimbangkan saat membeli grosir

1. Definisi pembelian grosir (wholesale)

Membeli eceran dan grosir adalah dua hal yang berbeda. Saat Anda membeli barang dagangan dari grosir, Anda berbelanja dari perantara antara toko ritel Anda dan produsen. Pembelian grosir hampir selalu dilakukan dalam jumlah besar, dan karena itu, Anda membayar harga diskon untuk pembelian tersebut. Setelah Anda membeli produk dari grosir, Anda kemudian dapat menjualnya di toko sendiri dengan harga yang lebih tinggi untuk mendapatkan keuntungan. Harga yang lebih tinggi ini disebut harga eceran, dan itulah yang akan dibayar pelanggan saat mereka berbelanja di toko Anda.

Selisih antara harga eceran dan harga grosir disebut margin. Ini adalah jumlah keuntungan yang didapat pengecer dari penjualan. Harga eceran biasanya bervariasi antar bisnis, dan ada beberapa strategi penetapan harga berbeda yang dapat digunakan untuk menentukan harga eceran terbaik untuk Anda. Setelah Anda melakukan ini, Anda kemudian dapat menentukan laba kotor.

Laba Kotor = Pendapatan – Harga Pokok Penjualan (HPP)

pada rumus di atas, pendapatan sama dengan harga eceran yang Anda tetapkan kepada pelanggan Anda. HPP adalah metrik tingkat tinggi yang mencakup semua biaya variabel yang terkait dengan produksi dan penjualan barang. Biaya tetap tidak diperhitungkan dalam perhitungan laba kotor. Demi kesederhanaan, karena Anda membeli dari grosir daripada memproduksi produk sendiri, Anda dapat memperkirakan bahwa HPP Anda adalah harga yang Anda bayar untuk sebuah produk.

2. Bagaimana Menemukan pedagang grosir?

Ada beberapa cara untuk menemukan Pedagang grosir. Perusahaan dagang lokal merupakan pilihan tempat yang baik untuk memulainya. selain itu, sumber dari orang banyak dari relasi yang anda miliki merupakan cara yang bagus untuk mendapatkan info tentang grosir mana yang harus Anda lihat dan mana yang harus Anda hindari. Jika Anda mencari produsen di luar negeri, Alibaba adalah pasar online populer dengan ribuan pengecer, grosir, dan produsen.

Ada juga banyak produsen di Marketplace seperti Shopee dan tokopedia. Meskipun pasar tersebut umumnya dapat melayani audiens yang berbeda, tentu saja ada tumpang tindih. Berkat fitur perpesanan di kedua platform, sangat mudah untuk menghubungi pemasok dari perusahaan lokal.

3. Bagaimana cara memilih pedagang grosir?

Setelah Anda menyusun daftar grosir yang Anda minati, lakukan tinjauan lebih lanjut misal cari info di google dan baca ulasan online dari pengecer lain yang telah bekerja dengan mereka. Itu akan memberi Anda gambaran yang baik tentang mereka apakah layak untuk dijangkau atau tidak. Setelah Anda mempersempit daftar Anda menjadi pilihan utama Anda, berikut adalah daftar pertanyaan – pertanyaan yang harus diajukan saat memilih grosir:

Barang dagangan apa yang Anda jual

Jika Anda menjual berbagai macam barang atau jika Anda berencana untuk menjaga toko Anda dengan spesifik, Anda harus memilih mitra grosir yang membawa produk yang Anda butuhkan. Anda dapat bekerja dengan sebanyak mungkin pedagang grosir yang berbeda untuk mendapatkan inventaris yang Anda inginkan. Namun, pastikan jenis barang dagangan yang ditawarkan pedagang grosir ini sesuai dengan jenis toko yang Anda jalankan sehingga merek Anda konsisten.

Titik harga?

Ketika anda menjual barang dagangan yang Anda beli dari pedagang grosir tujuannya untuk mendapatkan  keuntungan. Saat memilih pemasok, pastikan Anda bisa mendapatkan harga yang memungkinkan Anda mencapai margin keuntungan yang diinginkan.

Pedagang grosir dapat diandalkan

Jangan bekerja dengan orang yang tidak bisa Anda andalkan. Pedagang grosir yang terlambat mengirimkan barang dagangannya, tidak datang sama sekali atau selalu datang membawa barang rusak tidak baik untuk bisnis.

Memiliki layanan pelanggan yang hebat

Pastikan setiap perusahaan tempat Anda bekerja memiliki tim layanan pelanggan yang andal yang dapat Anda jangkau dengan mudah saat dibutuhkan. Jika Anda harus melewati rintangan agar pertanyaan Anda dijawab atau layanan pelanggan mereka tidak pernah ada saat Anda membutuhkannya, Anda mungkin memerlukan mitra grosir baru.

Pengetahuan tentang produk

Mitra grosir yang Anda pilih harus memiliki pemahaman yang kuat tentang produk yang mereka jual. Anda tidak hanya dapat membagikan informasi itu dengan pelanggan Anda, tetapi juga memberi Anda kesempatan untuk memastikan bahwa Anda tahu bahwa Anda memiliki mitra yang mendukung kualitas dan kinerja dari apa yang mereka jual. Pedagang grosir yang tidak dapat menjawab pertanyaan Anda tentang produk mereka mungkin menyadari bahwa barang dagangan mereka bukan yang terbaik, atau kurangnya pengetahuan dapat berarti mereka tidak peduli. Either way, mitra bisnis yang baik akan dapat menjawab pertanyaan Anda secara memadai.

Bisa melakukan dropship

Jika Anda menjual produk secara online, mungkin ada baiknya menanyakan apakah grosir Anda dapat membantu Anda mengirimkan barang. Pengiriman drop adalah metode pemenuhan di mana grosir menyimpan inventaris Anda dan menangani pengiriman . Ketika seseorang memesan dari toko eCommerce, Anda menyampaikan informasi pesanan mereka ke grosir , dan mereka mengirimkannya langsung ke pelanggan Anda. Pengiriman drop adalah pilihan yang bagus jika Anda ingin menghemat biaya penyimpanan dan pengiriman, tetapi ini adalah cara berbisnis yang jauh lebih praktis. Jika Anda memutuskan untuk mengirim, pastikan Anda meminta grosir Anda untuk mengirimkan sampel dari setiap produk yang Anda jual untuk memastikan bahwa kualitasnya sesuai dengan standar Anda.

4. Faktor tambahan yang perlu dipertimbangkan saat membeli grosir?

Poin pemesanan ulang

Selain mencari tahu item mana yang harus dibeli, Anda harus menghitung berapa banyak yang perlu Anda beli. Untuk menghindari perkiraan yang terlalu rendah atau terlalu tinggi, gunakan kalkulator untuk menemukan titik pemesanan ulang Anda untuk setiap item atau menggunakan POS yang menyediakan fitur Buffer and threshold .

Sekarang setelah Anda memiliki poin pemesanan ulang, Anda dapat menggunakan Aplikasi Kasir DealPOS untuk membantu Anda melacak item mana yang berada pada atau di bawah tingkat inventaris yang diinginkan. Setelah Anda memasukkan poin pemesanan ulang ke dalam daftar inventaris Anda, menjalankan laporan Daftar Pemesanan Ulang akan memberi tahu Anda item mana yang stoknya rendah dan berapa banyak yang perlu Anda pesan ulang.

Bernegosiasi

Jangan takut untuk menegosiasikan harga barang saat Anda membutuhkannya. Beri tahu pemasok jika penjualan Anda berjalan dengan baik dan berapa banyak bisnis yang dapat mereka harapkan dari Anda untuk mendapatkan kesepakatan yang lebih baik. Jujur dan adil dalam negosiasi Anda untuk membentuk hubungan jangka panjang dengan grosir Anda.

Atur ruang penyimpanan

Terakhir, sebelum pesanan grosir Anda tiba, Anda juga harus memiliki tempat yang terorganisir untuk menyimpannya (kecuali jika Anda melakukan pengiriman dropship). Memiliki ruang penyimpanan dengan rak yang memadai membuat menemukan berbagai bagian inventaris Anda menjadi lebih mudah. Menjaga hal-hal berlabel akan memastikan Anda tidak kehilangan jejak apa pun.

Mendapatkan produk yang tepat untuk toko Anda

Mencari tahu cara membeli barang dagangan grosir merupakan langkah penting dalam meningkatkan keuntungan dan inventaris Anda. Itulah mengapa penting untuk meluangkan waktu untuk menghitung untuk memastikan Anda membeli dan menjual barang dagangan dengan harga yang sesuai untuk Anda dan bisnis Anda.

Anda dapat menggunakan sistem POS untuk membantu Anda menghitung angka. Bekerja sama dengan grosir yang menjual produk berkualitas tinggi, dapat diandalkan dan dapat mendukung pertumbuhan Anda. Dengan mengajukan pertanyaan yang tepat dan mengetahui angka-angkanya, Anda akan berada di jalur yang tepat untuk membuat keputusan yang lebih cerdas guna mengembangkan bisnis Anda.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: