Business Insight

Customer Journey Map. Lihat – Lihat Jadi Terpikat

Customer Journey adalah perjalanan pelanggan kamu Ketika mengenal brand kamu dan membeli produk kamu sehingga menjadi Loyal terhadap brand kamu. Lebih tepatnya adalah perjalanan interaksi pengguna dengan perusahaan, produk atau layanan yang kamu sediakan.

Ketika seorang pengguna memutuskan untuk membeli atau menggunakan produk maupun layanan yang kamu tawarkan, transaksi yang terjadi itu hanyalah puncak gunung es yang terlihat dari perjalanan kompleks yang meliputi momen sebelum dan setelah transaksi tersebut.

Disaat produk kamu menjadi sebuah solusi dalam masalah Calon Customer kamu, disitulah Customer Journey Map terjadi. Apa saja sih yang dilakukan calon customer kamu setelah tau produk kamu adalah solusi untuk masalahnya. Mari kita simak:

Awareness

Awareness adalah disaat calon customer kamu menyadari bahwa produk atau layanan yang kamu tawarkan ternyata sesuai dengan problema mereka saat ini. Disinilah calon customer kamu akan mulai berinteraksi dengan brand kamu.

Consideration

Setelah mengetahui bahwa produk atau jasa yang kamu tawarkan adalah solusi untuk calon customer kamu, mereka akan mencari lebih tau tentang produk kamu dan membandingannya dengan kompetitor.

Konversi

Ketika sudah membandingkan produk kamu, calon customer kamu ini akan menjadi customer kamu. Yap, mereka mencoba membeli produk atau layanan jasa yang kamu tawarkan.

Loyalty

Setelah membeli produk kamu, Customer mu merasa cocok dan nyaman menggunakan produk atau jasa kamu. Lalu akhirnya mereka repeat order produk kamu karena sudah merasa klop atau cocok.

Advocacy

Karena senang dan nyaman menggunakan produk kamu, customer kamu ini akan merekomendasikan ke lingkungan atau teman-temannya untuk menggunakan produk kamu.

Nah, Disinilah kita menyadari bahwa Customer Journey ini salah satu strategi yang harus kita terapkan. Pertama dilihat dahulu masalah yang ada di sosial saat ini, lalu munculkan lah solusi yang menjadi masalah tersebut. Jika memang Customer cocok dan nyaman maka mereka akan meromendasikan ke temannya. Hal ini tentunya menjadikan keuntungan untuk kamu karena akan mendapatkan customer lebih banyak lagi.

Jangan lupa follow Blog kita dan Instagram kita ya di @dealpos

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: