Business Insight

5 Cara dan Strategi Agar Bisnis Anda Tetap Survive Di Masa Pandemi COVID-19

Seperti yang kita tahu pandemi COVID-19 berdampak besar hampir ke semua aspek kehidupan. Salah satu dampak yang paling signifikan ialah berdampak pada aspek ekonomi dan bisnis. Banyak sekali bisnis ataupun usaha yang sedang berjuang untuk tetap bisa survive dimasa pandemi seperti sekarang ini dikarenakan banyak sekali bisnis atau usaha yang mengalami penurunan omzet yang bisa membuat bisnis tersebut ‘gulung tikar’ atau bangkrut.

Pada artikel kali ini kami sudah merangkum beberapa cara dan strategi yang bisa Anda lakukan untuk mempertahankan bisnis anda dimasa pandemi COVID-19. Berikan Promosi Berupa Diskon ataupun Penawaran Gratis

1. Berikan Diskon dan Penawaran Menarik

Dimasa pandemi COVID-19 seperti sekarang ini akan membuat para customer atau pelanggan Anda berpikir dua kali jika mereka ingin membeli suatu barang yang mereka inginkan dikarenakan kondisi ekonomi yang sedang tidak dalam kondisi baik. Anda bisa memberikan mereka penawaran-penawaran menarik seperti diskon potongan harga, cashback, product gift dan penawaran lainnya yang bisa Anda lakukan untuk menarik perhatian dan minat customer dan pelanggan Anda untuk berbelanja di outlet yang Anda miliki.

2. Memberikan Pelayanan Yang Baik dan Maksimal

Salah satu hal yang membuat customer anda datang kembali dan menjadi pelanggan loyal anda ialah memberikan pelayanan yang baik dan maksimal. Customer anda akan merasa senang jika ia mendapatkan pelayanan yang baik dan tepat. Adapun beberapa aspek pelayanan yang perlu anda perhatikan seperti :

  1. Tepat waktu dan tidak membuat customer anda menunggu
  2. Sapaan yang ramah dan bersahabat
  3. Ada saat customer membutuhkan bantuan
  4. Membantu pelanggan memberikan rekomendasi, edukasi dan pemecahan masalah
  5. Menghormati dan mengghargai setiap customer yang datang
  6. Memberikan layanan yang tepat dan menutupnya dengan sopan

3. Strategi Marketing Yang Tepat

Strategi pemasaran atau marketing yang tepat wajib diketuhi oleh semua pengusaha baik bisnisnya bergerak di bidang usaha jual-beli barang ataupun jasa. Dengan strategi marketing yang tepat tentunya membuat usaha dan produk-produk ataupun jasa yang anda tawarkan lebih cepat sampai dan dikenal oleh para calon customer anda. Adapun beberapa strategi marketing yang bisa anda lakukan, diantaranya :

  1. Kenali customer anda dengan baik
  2. Melakukan promosi yang tepat
  3. Bangun usaha di tempat yang strategis
  4. Menjalin hubungan yang baik dengan customer anda
  5. Membuat akun media sosial untuk bisnis anda
  6. Mengaktifkan email marketing
  7. Menggunakan jasa influencer untuk mengenalkan produk anda

4. Memaksimalkan Penjualan Online

Disaat pandemi seperti sekarang ini tentunya akan sangat sulit jika hanya bergantung dari penjualan toko offline saja. Aturan protokol kesehatan dan pembatasan jam malam tentunya akan mengurangi minat orang untuk berbelanja di toko offline. Untuk mengatasi hal tersebut anda bisa memulai untuk membuat online store dengan tujuan memaksimalkan penjualan dari toko atau usaha anda. Anda bisa membuat website toko online sendiri ataupun mendaftarkan toko anda di marketplace-marketplace yang eksis saat ini. Adapun fakta yang didapat ialah penjualan online meningkat pesat dari tahun ke tahun dan mengalami puncaknya dimasa pandemi seperti sekarang ini.

5. Menggunakan POS Handal

Mengelola suatu bisnis bukanlah hal yang dilakukan jika tidak memiliki sistem yang baik dan relevant dengan kebutuhan bisnis saat ini. Untuk membantu anda mengelola dan mengembangkan bisnis yang anda miliki , tentunya anda harus menggunakan sistem POS yang tepat.

Dealpos saat ini hadir untuk membantu anda mengelola bisnis dan mengembangkannya dengan sistem yang relevant dengan segala kebutuhan bisnis saat ini, baik itu bisnis retail, FnB, Jasa Salon ataupun Gym dan segala jenis bisnis lainnya. Selain itu saat ini Dealpos sendiri sudah terintergrasi dengan marketplace besar seperti Shopee dan Tokopedia, dimana sistem POS anda baik itu penjualan dan inventory sudah saling terintegrasi didalam satu sistem yang itu Dealpos. Sehingga mempermudah anda dalam mengelola transaksi di toko offline anda maupun di toko online anda.

Selain itu untuk laporan keuangannya, saat ini Memiliki sistem accounting sendiri yang terintegrasi langsung dengan sistem POSnya, serta dapat diintegrasikan juga dengan sistem pembukuan dan accounting dari Jurnal.id.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

<span>%d</span> bloggers like this: