Business Insight

Beberapa Tips Dalam Membuka Usaha Baru

Beberapa Tips Dalam Membuka Usaha Baru

Di era pandemi Covid-19 ini banyak orang yang mulai kehilangan pekerjaannya dikarenakan banyak perusahaan terpaksa berhenti beroperasional ataupun masih bisa beroperasional tetapi terpaksa mengurangi karyawannya untuk mengurangi pengeluaran perusahaan agar bisa survive.

Dengan banyaknya pengurangan tenaga kerja, PHK dan sedikitnya lowongan yang tersedia dimasa pandemi Covid-19 ini, banyak para karyawan mulai mencoba mencari peruntungannya untuk membuka usaha sendiri agar tetap mendapatkan penghasilan. Sebelum anda membuka usaha baru ada beberapa tips yang perlu anda perhatikan, diantaranya sebagai berikut ini :

Beberapa Tips Membuka Usaha Baru

1. Tentukan Visi Dan Misi

Sebelum membuka usaha kita tentunya sudah memiliki dan menentukan visi dan misi dari usaha yang kita miliki nantinya. Dengan adanya visi dan misi akan membuat usaha yang anda jalankan nanti lebih tearah dan mempunyai tujuan jangka pendek maupun tujuan jangka panjang.

2. Buka Usaha Sesuai Passion dan Keahlian

Tips selanjutnya ialah bukalah usaha sesuai dengan passion atau skill yang anda miliki saat ini. Menjalankan usaha yang sesuai dengan passion atau hal-hal yang kita sukai akan membuat kita lebih enjoy dan ringan dalam menjalaninya dibandingkan membuka usaha karena ikut-ikutan dengan trends ataupun karena tertarik dengan usaha yang dimiliki orang lain.

Selain passion, anda juga harus memiliki skill atau keahlian yang related dengan usaha yang ingin anda buat, contohnya seperti jika suka otomotif maka usaha membuka bengkel sangat tepat untuk anda ataupun jika anda suka fashion mungkin membuka usaha retail fashion bisa jadi pilihan yang tepat.

3. Pilih Waktu Yang Tepat

Amati terus trend-trend usaha yang sedang hits atau booming saat ini. Hal ini bertujuan agar anda mendapatkan momentum yang tepat untuk launching usaha yan ingin anda buka dan tidak terganggu dengan usaha lainnya yang sedang ramai atau hits.

4. Berfikir Positif

Cobalah untuk membangun mindset yang positif dan optimis tentang usaha yang nantinya anda jalankan, Dengan energi yang positif dan optimis tentunya akan berimbas kepada karyawan-karyawan anda dan usaha yang sedang anda jalani. Hindari pikiran-pikiran negatif, seperti takut tidak mendapatkan pelanggan, mendapatkan review yang buruk, mengalami kerugian, ditipu karyawan dan sebagainya. Percayalah pikiran yang positif akan mendatangakan hal-hal yang positif juga.

5. Belajar Dari Pengusaha Yang Sudah Sukses

Salah satu upaya untuk membuat usaha yang kita bangun agar sukses dan berkembang adalah dengan cara belajar dari para pengusaha yang sudah sukses lebih dulu dalam mengembangkan usahanya. Anda bisa belajar dari buku-buku yang mereka terbitkan ataupun mengikuti seminar-seminar yang berhubungan dengan dunia kewirausahaan atau entrepreneurship.

Dengan memiliki banyak referensi dan belajar dari pengalaman-pengalaman para pengusaha yang sudah sukses, tentunya akan membuat kita lebih percaya diri dalam menjalani usaha yang kita rintis.

6. Belajar Strategi Digital Marketing

Startegi digital merketing merupakan hal yang sangat penting di era teknologi dan informasi seperti sekarang ini. Digital marketing merupakan proses untuk mempromosikan usaha atau bisnis kita secara online. Banyak manfaat yang bisa didapatkan oleh para pelaku usaha kecil dan menengah dengan menerapkan strategi digital marketing itu sendiri , seperti promosi yang lebih cepat dan mudah dan biaya promosi atau iklan yang jauh lebih murah serta area jangankauan yang luas. Oleh karena itu belajar strategi digital marketing sangat diperlukan bagi anda sedang membuka usaha baru.

7. Belajar Management Strategic (4P)

Hal-hal yang perlu anda pelajari selanjutnya ialah belajar tentang management strategic (4P). Management strategic (4P) bertujuan untuk meningkatkan jumlah penjualan dari usaha yang akan atau sedang anda jalani. Adapun hal-hal yang perlu anda ketahui tentang management strategic (4P) adalah sebagi berikut ini :

Product

Anda harus bisa menentukan produk-produk apa saja yang ingin anda jual dan bagaimana cara untuk mengembangkan produk-produk tersebut agar tetap relevant dan diterima oleh pasar. Hal yang terpenting ialah anda harus bisa menjaga kualitas dari produk-produk yang anda jual. Jangan pernah untuk melakukan perubahan para produk tanpa ada riset terlebih dahulu ataupun melakukan perubahan produk secara mendadak tanpa ada pemberitahuan kepada para konsumen anda. Karena perubahan produk yang tiba – tiba akan menyebabkan pelanggan kecewa dan berimbas ke penurunan penjualan

Price

Price atau harga adalah sejumlah uang yang harus dibayar oleh konsumen anda untuk mendapatkan produk atau jasa yang anda tawarkan. Penentuan harga itu sendiri mempunyai pengaruh besar terhadap kesuksesan dari penjualan produk atau jasa yang anda tawarkan kepada konsumen. Tinggi atau rendahnya harga yang anda tawarkan akan menjadi hal utama yang konsumen perhatikan sebelum membeli produk ataupun jasa yang anda tawarkan. Pertimbangkan terlebih dahulu dengan matang untuk harga yang ingin anda tetapkan dengan melakukan riset pasar, kebutuhan konsumen dan kompetitor anda.

Place

Pemilihan lokasi atau tempat yang strategis menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi kesuksesan dari pemasaran yang anda lakukan untuk usaha anda. Semakin strategis tempat usaha anda , maka akan semakin besar penjualan yang anda dapatkan. Contoh sederhananya jika anda ingin membuka usaha laundry pakaian, anda harus memastikan lokasi toko laundry anda dekat dengan pemukiman padat penduduk ataupun kost-kost-an dikarenakan target pasar anda adalah orang-orang yang terlalu sibuk mengurus rumah tangga, kerja kuliah dan sebagainya sehingga tidak mempunyai waktu untuk mencuci pakaiannya sendiri. Sebaiknya anda lalukan riset terlebih dahulu dibeberapa tempat yang potensial sebelum anda memutuskan lokasi yang paling strategis untuk usaha anda.

Promotion

Promotion merupakan salah satu bagian dari strategi pemasasan. Promotion merupakan hal-hal yang dilakukan oleh suatu usaha atau bisnis untuk menarik para konsumen agar membeli produk atau jasa yang ditawarkan. Promotion sering digunakan untuk meningkatkan jumlah permintaan atau penjualan dari produk ataupun jasa yang ditawarkan. Semakin banyak transaksi penjualan yang terjadi, menandakan semakin suksesnya strategi pemasaran promotion yang sudah dibuat. Buatlah promotion yang menarik serta memberikan benefit lebih kepada para konsumen anda.

Berikut adalah beberapa strategi promosi yang bisa anda tawarkan kepada konsumen anda :

  • Sistem loyalty point
  • Memberikan potongan harga, diskon ataupun cashback
  • Memberikan gratis ongkir
  • Mengadakan flash sale dimaketplace yang anda miliki
  • Product gift
  • Promo Buy X Get X+1 (buy 1 get 2, buy 4 get 5, dan seterusnya)
  • Bagi-bagi promosi dalam bentu kupon promo atau vouchers
  • Pemberian garansi juga bisa jadi salah satu bentuk promosi efektif
  • Memberikan promo tematik di hari-hari khusus
  • Punya produk baru? Jangan ragu untuk memberikan sample gratis

8. Gunakan Teknologi Kasir Online Atau POS Yang Terintegrasi Dengan Marketplace

Di kondisi pandemi seperti sekarang ini, banyak sekali bisnis usaha yang penjualannya menurun di toko offline yang diakibatkan oleh peraturan PSBB dan protokol kesehatan yang diterapkan oleh pemerintah ditambah dengan pola perilaku konsumen yang lebih banyak beraktivitas didalam rumah, hal mengakibatkan para pengusaha harus memutar otak dan beralih ke online store atau marketplace (Shopee, Tokopedia, dsb) untuk memaksimalkan penjualannya. Oleh karena itu usaha apapun yang akan anda jalani dan kembangkan nantinya, sangat penting sekali didukung oleh aplikasi dan teknologi yang relevant dengan kondisi saat ini.

Gunakanlah Dealpos aplikasi kasir online berbasis cloud untuk membantu anda mengembangkan usaha yang akan anda jalankan nantinya. Saat ini Dealpos sudah dipercaya oleh ribuan outlet di Indonesia maupun di mancanegara untuk mengembangkan bisnis mereka. Adapun beberapa fitur-fitur dan kelebih yang Dealpos tawarkan, seperti :

  • Dealpos aplikasi Kasir untuk multi-outlet dapat digunakan melalui web browser atau perangkat android (Tablet & Ponsel)
  • Integrasi dengan Shopee dan Tokopedia untuk memudahkan anda mengelola product, inventory dan pesanan.
  • Terima pembayaran cashless dari pelanggan anda tanpa memerlukan perangkat tambahan atau EDC.
  • Inventory control
  • Laporan yang lengkap
  • Penjualan menggunakan shift
  • Fitur stock opname
  • Cetak barcode sendiri. Dapat diakses kapan saja dan dimana saja menggunakan perangkat PC/laptop ataupun mobile (smartphone/tablet)
  • Transaksi offline mode (bertransaksi saat tidak ada koneksi internet)
  • Terintegrasi dengan sistem accounting Jurnal.ID
  • Terintegrasi dengan sistem loyaty point Tada

Masih banyak lagi fitur-fitur ataupun keunggulan-keunggulan yang aplikasi Dealpos bisa tawarkan kepada anda untuk membantu anda menjalankan dan mengembangkan bisnis yang anda miliki.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: